5 Manfaat Lidah Buaya untuk kesehatan, Bisa Menyembuhkan Diabetes loh!

manfaat lidah buaya untuk kesehatan

 Pernahkah anda terfikirkan Manfaat lidah buaya untuk kesehatan?. Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya? pasti semua masyarakat indonesia mengenal tanaman yang satu ini. 

 Banyak sekali masyarakat indonesia yang menanam tanaman ini di pekarangan rumahnya. Lidah buaya sangat mudah untuk ditanam, cukup beri air secukupnya setiap hari maka tanaman ini akan tumbuh dengan subur.

 Lidah buaya (Aloe Vera) memang sangat merakyat bagi masyarakat indonesia. Lidah buaya banyak ditanam oleh masyarakat indonesia dari sabang sampai merauke.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan, penting untuk tubuh kita

manfaat lidah buaya untuk kesehatan

 Tanaman dengan berbagai manfaat ini memiliki berbagai macam ukuran, dari ukuran kecil sampai sangat besar. Kebanyakan yang ditanam orang indonesia adalah jenis ukuran sedang, biasanya hanya orang tertentu yang menanam jenis jumbo. 

 Biasanya yang menanam ukuran jenis jumbo adalah orang yang bergerak pada industri rumahan yang memanfaatkan tanaman lidah buaya sebagai bahan dasarnya.
 Tanaman lidah buaya memiliki duri-duri pada samping batangnya. Tetapi duri ini tidak terlalu membahayakan, karena tidak terlalu tajam. Selain sebagai bahan industri rumahan, lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, yuk intip apa saja itu!
 
 Namun tahukah anda manfaat lidah buaya untuk kesehatan? apa sajakah itu? Berikut ulasannya :

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

 Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Tanaman yang kaya akan manfaat ini ternyata dapat berguna sebagai detoksifikasi/pengeluaran racun dalam tubuh. 

 Racun dalam tubuh kita itu sangat banyak, oleh karena itu kita harus rajin mengeluarkannya setiap hari .Caranya yaitu bersihkan lidah buaya lalu kupas. Setelah itu jus lidah buaya dengan blender. Jika rutin dilakukan maka racun dalam tubuh kita akan keluar secara alami.

Baca juga : Cara mengatasi hama tikus dengan oli bekas

2.Melancarkan sistem pencernaan

 Melancarkan sistem pencernaan merupakan salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Selain berfungsi sebagai detoksifikasi, jus lidah buaya juga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernan dalam tubuh kita. 

 Oleh karena itu ada baiknya kita meminum jus lidah buaya secara rutin agar sistem pencernaan kita lancar. Karena jika sistem pencernaan kita lancar, maka tubuh kita juga akan sehat.
manfaat lidah buaya untuk kesehatan

3. Sumber vitamin 

 Manfaat lidah buaya yang tak kalah pentingnya yaitu sebagai sumber vitamin. Setelah diuji di beberapa laboraturium ternyata lidah buaya mengandung beberapa vitamin, diantaranya :
  • Vitamin A       (Berguna untuk kesehatan mata)
  • Vitamin B1     (Berguna untuk menjaga fungsi otak)
  • vitamin B2      (Sebagai metabolisme tubuh)
  • Vitamin B6     (Mengatur tekanan darah)
  • Vitamin B12   (Mengatur pembentukan sel darah dalam tubuh)
  • Vitamin C       (Berguna sebagai daya tahan tubuh)
  • Vitamin E        (Meningkatkan daya tahan tubuh kita)
 Perlu diketahui bahwa tubuh kita harus tercukupi asupan vitaminnya. Jika tidak tercukupi maka tubuh kita akan mengalami gangguan dan akhirnya sakit.

4. Mengobati penyakit diabetes

 Ternyata selain berfungsi sebagai detoksifikasi dan pelancar sistem pencernaan, manfaat lidah buaya untuk kesehatan yaitu sebagai obat penyakit diabetes juga loh. Diabetes adalah penyakit yang sangat menakutkan. 

 Rata-rata orang yang sudah lanjut yang terkena penyakit ini. Penyakit diabetes terjadi karena kelebihan gula darah. Jika rutin diminum niscaya penyakit diabetes yang anda derita akan sembuh dengan sendirinya.

5. Lidah buaya dapat dijadikan bahan pembuat agar-agar

manfaat lidah buaya untuk kesehatan

 Pernahkah anda mendengar manfaat lidah buaya sebagai bahan campuran agar-agar?. Ya bukan rahasia lagi jika tanaman lidah buaya berguna sebagai campuran agar-agar. 

 Teksturnya yang kenyal dapat menjadi bahan penting untuk pembuatan agar-agar. Namun tidak semua jenis lidah buaya bisa dijadikan agar-agar. Biasanya hanya jenis jumbo(besar) yang dijadikan bahan dasar pembuatan agar-agar. 

 Bagian dalam lidah buaya lah yang nantinya akan dijadikan bahan pembuat agar-agar. Namun teknik pembuatannya juga harus hati-hati dan harus dilakukan oleh profesional. Tidak sembarang orang yang bisa membuat agar-agar dari lidah buaya ini, karena ada beberapa teknik dalam pembuatannya. Harus dilakukan dengan hati-hati agar hasilnya maksimal.

Baca juga : Penyebab kegagalan hidroponik yang serung terjadi, Penting diketahui!

Olahan lidah buaya dalam bentuk masakan

 Selain manfaat lidah buaya untuk kesehatan, ternyata lidah buaya bisa dijadikan berbagai macam bentuk makanan. Apa saja? Berikut ulasannya :

Permen Lidah Buaya

Cara Pembuatan :
  1. Ambil dan cuci bersih lidah buaya, kupas kulitnya lalu ambil dagingnya kemudian blender hingga halus
  2. Rebus lidah buaya yang telah di blender tadi hingga mengental. Aduk terus lalu tambahkan gula secukupnya. Aduk terus hingga benar-benar mengental.
  3. Setelah benar-benar mengental tambahkan agar-agar bubuk secukupnya, tambahkan juga pewarna makanan.
  4. Jika sudah benar-benar mengental, angkat dan taruh dalam loyang. Lalu selanjutnya jemur selama 6 hari.
  5. Permen lidah buaya bisa dipotong sesuai selera anda. Setelah dipotong-potong anda bisa menaburi gula di atas permen lidah buaya tersebut.
  6. Diamkan hingga gula benar-benar menempel pada permen lidah buaya. Setelah itu permen lidah buaya siap untuk anda nikmati.

Keripik Lidah Buaya

Bahan :
  1. Lidah buaya
  2. Telur
  3. Tepung terigu
  4. Minyak goreng
Cara Pembuatan :
  1. Kupas lidah buaya dan ambil dagingnya.
  2. Cuci dengan air bersih hingga lendir hilang dari daging lidah buaya.
  3. Kemudian blender hingga halus.
  4. Setelah di blender, campur dengan telur, tepung terigu dan minyak goreng. Lalu aduk hingga mengental. Diamkan kira-kira 15 menit.
  5. Setelah itu giling adonan hingga membentuk kotak kecil-kecil dan goreng hingga kering.
 Itulah beberapa manfaat lidah buaya, Selain untuk bahan makanan, lidah buaya juga berguna sebagai abat tradisional. Oleh karena itu tak ada salahnya jika anda menanam tanaman lidah buaya di pekerangan rumah anda. Semoga informasi di atas bermanfaat.
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Lidah Buaya untuk kesehatan, Bisa Menyembuhkan Diabetes loh!"