Karang gigi menjadi penyebab bau mulut, benarkah demikian?

Karang gigi menjadi penyebab bau mulut

Kesehatan gigi dan mulut adalah hal sangat penting untuk diperhatikan. Sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi, bakteri yang bersarang di lidah dan gigi, jika mereka semua tidak dibersihkan dengan baik akan menciptakan karang gigi.

Karang gigi menjadi penyebab bau mulut, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut beberapa fakta tentang karang gigi yang perlu anda ketahui

Plak yang menumpuk akan membentuk karang gigi dan menyebabkan bau mulut

Sisa makanan yang tertinggal dalam mulut dan  bercampur dengan air liur akan membentuk plak jika tidak dibersihkan dengan baik dan benar. Plak akan menjadi sarang bakteri dan menjadi penyebab terjadinya masalah pada gigi dan mulut.

Plak yang tertinggal di gigi selama beberapa hari akan menjadi keras, dan pada akhirnya akan membentuk karang gigi. Karang gigi yang terbentuk menyebabkan warna gigi menjadi kuning dan menimbulkan bau mulut kurang sedap ketika anda bernafas atau saat membuka mulut.

Seseorang yang menggunakan kawat gigi, merokok, memiliki masalah mulut kering dan penuaan akan lebih beresiko mengalami karang gigi, jika mereka tidak benar-benar memperhatikan kebersihan mulut dan giginya. Tapi kerentanan seseorang terhadap resiko tersebut berbeda-beda.

Cara menghilangkan karang gigi

Karang gigi bisa dihilangkan dengan berbagai cara, seperti dilansir dari merdeka.com berikut ini

1. Rajin menyikat gigi

Menyikat gigi menghilangkan karang gigi
Menyikat-gigi-via-brushingyourteeth-com
Karang gigi terbentuk karena tumpukan plak yang menempel di gigi. Menyikat gigi dengan rutin dan benar akan menghilangkan plak dan sisa makanan yang tertinggal di gigi. Setidaknya menyikat gigi dua kali dalam sehari atau segera setelah selesai makan akan mencegah timbulnya karang gigi dan menghilangkan bau mulut.

2. Gunakan pasta gigi flouride

Menghilangkan karang gigi tidak cukup hanya dengan menyikat gigi saja, perhatikan pasta gigi anda. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride. 

Karena flouride berfungsi untuk melindungi lapisan enamel gigi dan mengurangi terjadinya pembusukan akibat makanan dan minuman. Dengan memperhatikan hal tersebut karang gigi akan lebih mudah untuk diatasi.

3. Flossing

Flossing untuk menghilangakan karang gigi

Cara menghilangkan karang gigi yang ketiga yaitu dengan cara flossing. Setelah melakukan penyikatan gigi secara teratur dan tehnik yang benar, jangan lupa untuk flossing gigi.

Flossing gigi yaitu tehnik membersihkan gigi dengan benang. Flossing sangat efektif untuk menghilangkan sisa makanan dan plak yang tidak terjangkau oleh sikat gigi anda.

Perhatikan benang flossing, gunakan benang yang halus dan sesuai gusi anda. Anda juga bisa mendapatkan benang flossing di apotik atau supermarket.

4. Berkumur dengan obat kumur

Menghilangkan karang gigi juga bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan obat kumur. Selain mengandung anti bakteri obat kumur juga memberikan hasil yang maksimal untuk pembersihan mulut. 

Sekarang sudah banyak tersedia obat kumur di apotik bahkan supermarket. Gunakan obat kumur setelah menyikat dan flossing gigi untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Hindari makanan dan minuman manis

Hindari makanan manis untuk menghilangkan karang gigi

Menghilangkan karang gigi bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Dikarenakan makanan dan minuman manis mempercepat pertumbuhan bakteri, jika bakteri melepaskan zat asam maka akan merusak gigi.

Jika terpaksa makan dan minum manis usahakan bersihkan gigi dan mulut setelahnya dengan berkumur atau menyikat gigi. Seimbangkan dengan memperbanyak konsumsi air putih.

6. Berhenti merokok

Merokok sebabkan bau mulut dan karang gigi

Berhenti merokok bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan karang gigi. Selain berbahaya untuk kesehatan, meroko juga dapat menimbulkan karang gigi.

Zat berbahaya dalam rokok akan menimbulkan noda berwarna coklat kehitaman di sela-sela dan permukaan gigi. Karang gigi yang terbentuk karena merokok lebih sulit dihilangkan daripada karang gigi dengan penyebab lain.

7. Gunakan baking soda

Baking soda dapat menghilangkan karang gigi

Baking soda diyakini dapat memutihkan gigi. Begitu juga untuk menghilangkan karang pada gigi yang membandel dan sudah mengeras.

Lakukan dengan mencampur satu sendok makan baking soda dengan sedikit garam, gunakan sebagai pasta gigi anda. Sikat gigi menggunakan pasta tersebut secara rutin.

8. Gunakan kulit jeruk

Kulit jeruk adalah bahan alami yang bisa menghilangkan karang gigi. Selain buahnya kaya akan nutrisi dan vitamin, kulit jeruk memiliki zat dan vitamin yang berguna untuk menghilangkan karang gigi.

Gunakan kulit jeruk bersih yang sudah dicuci, oleskan ke gigi anda secara merata.
Disarankan untuk mengaplikasikannya pada malam hari, biarkan sampai pagi hari. Saat bangun tidur berkumurlah untuk menghilangkan sisa kulit jeruk yanng menempel di gigi.

9. Konsumsi buah dan sayuran

Konsumsi buah dan sayuran bagus untuk kesehatan tubuh, mulut dan gigi. Vitamin C yang terkandung dibuah dan sayur bermanfaat sebagai cara menghilangkan karang gigi. Lemon, jeruk, strawberry juga bisa anda gunakan sebagai pasta gigi alami untuk menghilangkan karang gigi.

10. Mengunyah daun sirih

Cara menghilangkan karang gigi dengan mengunyaj daun sirih cukup mudah dilakukan. Ambil selembar daun sirih, kemudian kunyah langsung, atau anda bisa mennambah kan cengkeh yang dihaluskan, lalu kunyah bersama-sama.

Tidak heran bukan, orang tua jaman dahulu gigi nya kuat dan bersih, tak jarang juga mereka masih rutin mengunyah daun sirih sampai sekarang.

Pengobatan karang gigi secara profesional

Ketika berbagai cara diatas telah dilakukan untuk menghilangkan karang gigi tetapi tidak mendapatkan hasil maksimal, anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter gigi.

Supaya dokter gigi memberikan perawatan yang tepat untuk karang gigi anda. Biasanya doker akan menyarankan untuk melakukan scaling gigi. Scaling gigi yaitu proses medis non-bedah untuk membersihkan karang gigi.

Scaling bermanfaat untuk kesehatan tubuh menyeluruh juga gigi dan mulut. Proses scaling menggukan alat scaler, ada dua jenis scaler yaitu scaler manual dan ultrasonic.

Penggunaan scaler untrasonic lebih sering digunakan karena membuat proses pengikisan karang gigi lebih cepat dan meminimalkan rasa nyeri. Penting untuk memberitahu dokter jika anda mengkonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin dan heparin sebelum melakukan scaling.

Biaya membersihkan karang gigi

Dilansir dari harga.web.id, biaya untuk menghilangkan karang gigi yaitu sebagai berikut:
LokasiKisaran Biaya
BPJS KesehatanGratis (1 tahun sekali)
Puskesmas Rp50 ribuan - Rp150 ribuan
Klinik Gigi SwastaRp150 ribuan - Rp800 ribuan
Rumah SakitRp100 ribuan - Rp800 ribuan
Menurut tabel diatas, sebenarnya menghilangkan karang gigi di puskesmas atau rumah sakit tidaklah terlalu mahal, dibanding dengan kesehatan badan, mulut dan gigi anda.

Karang gigi menjadi salah satu penyebab bau mulut kurang sedap, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Jaga selalu kebersihan mulut dan gigi, untuk mencegah timbulnya karang gigi, gigi berlubang dan bau mulut kurang sedap. Semoga bermanfaat.











Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Karang gigi menjadi penyebab bau mulut, benarkah demikian?"