7 Penyebab gigi berlubang dan ketahui perawatan yang tepat, penting

Penyebab gigi berlubang
gigi-berlubang-via-alodokter-com

Gigi berlubang menjadi salah satu masalah yang rumit bagi sebagian orang. Apalagi saat gigi berlubang terasa sakit, katanya lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. hehe

Gigi berlubang terjadi akibat sisa makanan yang tertinggal di gigi dan membusuk dan menumbuhkan bakteri. Bakteri tersebut mengeluarkan asam sehingga membentuk plak. 

Plak gigi yang tidak dibersihkan dengan baik akan mengakibatkan berbagai masalah gigi dan mulut. Seperti gigi berlubang, infeksi gusi, bau mulut kurang sedap dan penyakit gigi atau asbes gigi.

Penyebab gigi berlubang dan cara mencegahnya dengan tepat 

Sebenarnya masalah gigi berlubang bukan hanya dialami oleh anak-anak yang hobi makan makanan manis, tetapi juga menjadi masalah kesehatan umum pada orang dewasa. Mungkin sebagian orang berfikir bahwa makanan manis dan kebersihan mulut yang buruk menjadi faktor utama penyebab gigi berlubang, faktanya banyak sekali faktor penyebab gigi berlubang yang sering diabaikan.

Simak beberapa hal penyebab gigi berlubang yang dilansir dari suara.com berikut ini

1. Jarang menyikat gigi

Menyikat gigi mencegah gigi berlubang

Penyebab gigi berlubang yang paling umum yaitu karena jarang menyikat gigi. Tidak memperhatikan kebersihan gigi dan mulut.


Sisa makanan yang menempel di permukaan  dan sela-sela gigi akan membusuk jika tidak dibersihkan. Dan akhirnya menimbulkan plak. Plak tersebut menjadi penyebab gigi berlubang.

Sikat gigi setelah selesai makan, atau minimal pagi dan sebelum tidur. Lakukan dengan tehnik yang benar, yaitu dengan gerakan memutar secara perlahan dan lembut. Penyikatan gigi yang terlalu keras justru akan merusak lapisan enamel gigi.

2. Makan makanan dan minuman manis.

Makanan manis penyebab gigi berlubang

Yang manis lebih menarik dan menggoda. Tapi kenyataanya makanan dan minuman manis menjadi penyebab gigi berlubang. Karena bakteri lebih suka dengan makanan manis.

Sisa makanan dan minuman manis dalam mulut anda akana menjadi santapan bakteri. Bakteri tersebut akan mengeluarkan asam dan membentuk plak di gigi. Plak yang dibiarkan dan mengeras akan mengikis lapisan enamel gigi dan membuat gigi berlubang.


Lubang gigi dimulai dari titik yang sangat kecil, melebar hingga lapisan dalam gigi bahkan sampai ke pulpa. Bagian pulpa inilah tempat saraf dan pembuluh berada.

Jika lubang mencapai pulpa, anda akan merasakan sensasi nyeri yang sangat luar biasa, bahkan akan terasa sakit jika digunakan untuk mengunyah makanan. Tidak disarankan untuk berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman manis.

Karena gula dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk energi, jadi usahakan selalu menyikat gigi dan membersihkan mulut setelah mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Diharapkan dengan pembersihan yang efektif anda terhindar dari plak penyebab gigi berlubang.

3. Tidak melakukan flossing

Menyikat gigi saja tidak akan pernah cukup untuk membersihkan gigi secara maksimal. Terkadang sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi tidak dapat terjangkau oleh sikat gigi anda. Sisa makanan yang bereaksi dengan bakteri dan air liur akan menjadi plak penyebab gigi berlubang.

4. Mulut kering

Mulut kering juga menjadi penyebab gigi berlubang. Sedikitnya air liur menyebabkan mulut kering. Padahal air liur sangat diperlukan untuk melembabkan mulut.

Senyawa yang terkandung dalam air liur berfungsi untuk melawan asam yang dihasilkan bakteri. Oleh karena itu kondisi mulut kering lebih rentan terkena masalah mulut seperti gigi berlubang, gigi sensitif dan bau mulut kurang sedap.

5. Faktor usia

Salah satu penyebab gigi berlubang yang tidak bisa dihindari yaitu karena faktor usia. Golongan usia yang rentan terhadap masalah gigi berlubang adalah anak-anak dan lansia. Saat usia lanjut metabolisme tubuh lebih lambat dari sebelumnya, oleh karena itu lansia lebih rentan terkena gangguan kesehatan seperti masalah mulut dan gigi berlubang.

Obat-obatan yang dikonsumsi lansia terkadang membuat mulut menjadi kering dan produksi air liur menurun. Kondisi tersebut memicu terjadinya gigi berlubang 

Sedangkan pada anak-anak, mereka suka makan makanan dan minuman yang manis. Dari permen, coklat, es krim kue semua serba manis. Jika anak tidak mebersihkan gigi dan mulut dengan baik, tentu resiko gigi berlubang akan semakin besar.

 6. Letak gigi

Letak gigi juga menjadi penyebab gigi berlubang. Biasanya gigi yang berlubang yaitu gigi geraham atau belakang. 

Sisa makanan akan lebih mudah terselip disela-sela gigi belakang. Terkadang sikat gigu pun tidak menjangkau bagian ini, walaupun anda rajin menyikat gigi.

Sebaiknya lakukan pengecekan ke dokter gigi untuk membersihkan bagian belakang yang tidak terjangkau sikat gigi.

7. Terkena penyakit tertentu

Penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Misalnya saja asam lambung atau GERD, produksi asam lambung berlebih hingga naik sampai tenggorokan bahkan mulut, membuat penderita maag rentan dengan gigi berlubang.

Gejala yang timbul saat gigi berlubang

Berbagai gejala dapat muncul saat gigi berlubang, diantaranya:
  • Gigi menjadi lebih sensitif
  • Sakit gigi
  • Gigi tampak berlubang
  • Bau mulut kurang sedap
  • Munculnya bintik hitam, atau coklat pada gigi

Perawatan yang dapat dilakukan untuk gigi berlubang

Perawatan dan pengobatan untuk gigi berlubang sangat bervariasi, tergantung tingkat keparahan gigi tersebut. 

1. Menggunakan pasta gigi khusus

Pada kasus gigi berlubang tahap awal, biasanya dokter akan menyarankan untuk menggunakan pasta gigi tertentu yang mengandung flouride. Flouride sendiri berfungsi untuk melindungi gigi dengan memperkuat lapisan enamel, sehingga tidak mudah terjadi plak pada gigi.

2. Penambalan gigi

Perawatan dan penanganan gigi berlubang pada tahap dimana gigi sudah berlubang sampai lapisan enamel dan dentin, dokter akan melakukan penambalan gigi.

3. Perawatan saluran akar

Perawatan saluran akar dilakukan pada tahap kerusakan gigi telah mencapai pulpa, tempat berkumpulnya saraf dan pembuluh. Pada tahap ini biasanya seseorang alan mengalami sensasi nyeri yang luar biasa.

4. Pencabutan gigi

Pencabutan gigi hanya akan dilakukan jika kondisi gigi rusak parah dan tidak bisa diperbaiki atau dipulihkan. Kemungkinan dokter akan mencabut gigi tersebut dan memggantinya dengan gigi palsu atau implan gigi.

Demikian beberapa referensi penyebab gigi berlubang, mengapa gigi berlubang terkadang menjadi sensasi nyeri dan sakit yang luar biasa dan cara mencegahnya. Selalu jaga kesehatan gigi dan mulut, usahakan selalu menggosok gigi setelah makan agar tidak memberi kesempatan bakteri bereaksi dengan sisa makanan yang menyebabkan plak dan gigi berlubang.







Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "7 Penyebab gigi berlubang dan ketahui perawatan yang tepat, penting"