11 Penyebab Bau Mulut Yang Sering Diabaikan. Penting untuk diketahui!!

Penyebab bau mulut yang sering diabaikan
Bau-mulut-via-istockphoto

Pernahkah anda merasa kurang percaya diri dan menjaga jarak saat anda berbicara dengan orang lain karena bau mulut yang kurang sedap?. Jika iya, artikel ini akan membahas penyebab bau mulut yang mungkin anda abaikan selama ini.
Bagi sebagian orang bau mulut menjadi sesuatu yang memalukan dan harus diatasi. Halitosis atau bau mulut dalam istilah medis seringkali membuat tidak nyaman orang-orang disekitarnya.

Dilansir dari sehatq.com, bau mulut disebabkan oleh berbagi banyak hal, bahkan ada penyebab yang tidak pernah disadari oleh kebanyakan orang.

Berbagai Penyebab bau mulut yang sering diabaikan, dari makanan sampai penyakit

Biasanya bakteri yang berkumpul dalam mulut menjadi penyebab utama bau mulut kurang sedap. Namun berbagai masalah medis juga kerap menjadi penyebab lain bau mulut muncul. Beberapa penyebab bau mulut yang mungkin anda dan sebagian banyak orang sering abaikan, diantaranya yaitu:

1. Makanan

Makanan penyebab bau mulut

Penyebab bau mulut yang paling sering yaitu berasal dari makanan. Makanan berbau tajam seperti jengkol, petai, bawang merah, bawang putih, dan lainnya bisa menyebabkan bau mulut kurang sedap.

Proses pencernaan dalam mulut terkadang meningkatkan bakteri dan membuat mulut berbau kurang sedap.

2. Bakteri yang menempel di lidah

Penyebab bau mulut yang sering diabaikan yaitu kebersihan lidah. Bakteri yang menempel pada lidah akan mengeluarkan senyawa yang berbau tajam, sehingga menyebabkan bau mulut kurang sedap. 

3. Merokok

Merokok menyebabkan bau mulut


Penyebab bau mulut kurang sedap lainnya yaitu karena merokok. Asap rokok akan menempel di baju dan nafas perokok. Sebagian perokok akan mengalami mulut kering, dan kondisi ini menyebabkan bau mulut, bahkan perokok menjadi lebih rentan terkena penyakit gusi dan berbagai masalah mulut lainnya.

4. Sinusitis

Penyebab bau mulut karena sinusitis, yaitu kondisi dimana terjadi peradangan pada sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara pada tulang wajah.

Pada keadaan normal sinus biasanya mengeluatkan lendir, dan jika terjadi peradangan dan infeksi di sinus, akan menyebabkan bau yang kurang sedap muncul. Infeksi saluran pernapasan juga menjadi penyebab bau mulut. 

Saat hidung anda tersumbat, biasanya anda akan bernapas melalui mulut, sehingga mulut menjadi kering dan menimbulkan bau.

5. Produksi asam lambung berlebih

Asam lambung naik menyebabkan bau mulut

Menurut penelitian,sakit maag, GERD menyebabkan produksi asam lambung berlebih. Asam lambung yang naik ke tenggorokan akan menyebabkan bau mulut kurang sedap.

6. Kebersihan gigi yang tidak baik

Penyebab bau mulut yang satu ini perlu diperhatikan. Sikat gigi secara teratur untuk menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di gigi.


Sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi akan di reaksi oleh bakteri dan menyebabkan bau mulut. Plak tidak berwarna atau lapisan bakteri yang tertinggal di gigi pun akan terbentuk.

Jika plak tersebut tidak dibersihkan, akan menimbulkan iritasi gusi dan menciptakan kantung plak antara gusi dan gigi yang disebut periodontitis. Kondisi tersebut menyebabkan bau mulut kurang sedap.

7. Menderita penyakit amandel

Pernahkah anda sadari penyakit amandel bisa menyebabkan bau mulut kurang sedap?. Dikarenakan bakteri yang terperangkap dan mengeras di amandel dan lidah menyebabkan napas menjadi bau.

Tentunya kondisi seperti ini akan menggangu keseharian anda, biasanya dokter akan menyarankan untuk berkumur dengan air garam dan menerapkan pola hidup sehat.

8. Gigi dan tambalan yang retak

Karies, gigi berlubang dan tambalan gigi yang retak menjadi sarana bakteri bersarang, bakteri tersebutlah yang menyebabkan bau mulut kurang sedap. Pemasangan gigi palsu yang tidak benar juga menjadi penyebab bau mulut.

9. Mulut kering

Mulut kering biasa terjadi ketika tidur, apalagi saat tidur dengan posisi mulut terbuka. Konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi pemicu mulut kering dan menimbulkan bau mulut.

10. Adanya benda asing pada hidung

Penyebab bau mulut karena adanya benda asing pada hidung biasanya terjadi pada anak-anak. Seringkali anak-anak memasukan sesuatu ke hidung mereka seperti tisu, manik-manik, dan lainnya. Keadaan seperti ini akan menyebabkan bau mulut pada anak. 

11. Penyakit diabetes

Kekurangan insulin menyebabkan tidak cukupnya gula dalam darah sebagai bahan energi, pada akhirnya tubuh akan membakar lemak sebagai gantinya. Proses pembakaran lemak menghasilkan asam keton, nah asam keton inilah yang menyebabkan bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut cukup mudah, ada berbagai cara yang bisa dilakukan seperti :

  • Sikat gigi secara rutin
  • Memakai obat kumur
  • Membersihkan lidah
  • Menghindari makanan berbau tajam
  • Berhenti merokok
  • Konsumsi permen karet tanpa gula
  • Perbanyak minum air putih
Demikian beberapa penyebab bau mulut yang sering kita abaikan. Atasi bau mulut dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab bau mulut itu sendiri.

Jika bau mulut belum kunjung hilang, konsultasikan ke dokter. Periksa kan kesehatan gigi dan mulut sekurang-kurangnya 6 bulan sekali. 

Semoga bermanfaat


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "11 Penyebab Bau Mulut Yang Sering Diabaikan. Penting untuk diketahui!!"