Ketahui 5 cara menanam pakcoy hidroponik, dijamin berhasil!

Cara menanam pakcoy hidroponik


Cara menanam pakcoy hidroponik informasi menarik untuk anda penggiat hidroponik. Pakcoy merupakan sayuran yang sejenis dengan sawi. Bentuknya hampir sama dengan sawi hijau, hanya saja lebih pendek dan batangnya lebih besar. 

Petani lebih senang menanam pakcoy dengan cara hidroponik, karena lebih cepat panen dan tidak memerlukan lahan yang luas. Pakcoy merupakan sayuran asli cina, selain di gunakan sebagai pelengkap mie juga di olah sebagai tumis atau sayur lain. cara menanam pakcoy hidroponik sangat mudah. Dapat anda lakukan di pekarangan rumah dengan lahan yang sempit. Hasilnya bisa anda gunakan untuk konsumsi sendiri atau di jual sebagai bisnis sampingan. 

Cara menanam pakcoy hidroponik untuk pemula dijamin berhasil


Cara menanam pakcoy hidroponik murah dan mudah, anda bisa menggunakan peralatan bekas yang sudah tidak terpakai untuk medianya. Metodenya hampir sama dengan menanam sawi secara tradisional, namun menggunakan metode hidroponik lebih cepat panen dan perawatannya lebih mudah di lakukan. 

Cara menanam pakcoy  hidroponik yang bisa anda praktekan

1. Memilih bibit unggul

Sebelum menanam pakcoy hidroponik sebaiknya anda melakukan seleksi terhadap benih yang akan anda gunakan. Cara menyeleksi dapat di lakukan dengan cara merendam biji pakcoy dengan air, jika biji tenggelam berarti biji bagus untuk dijadikan bibit. Anda bisa memperoleh bibit pakcoy dengan mudah, karena hampir semua toko penjual benih memiliki benih pakcoy.

2. Siapkan alat dan bahan untuk menanam pakcoy hidroponik

Cara menanam pakcoy hidroponik yang kedua yaitu menyiapkan alat dan bahan. Peralatan yang di butuhkan untuk menanam pakcoy hidroponik dengan metode ini sangat mudah ditemui, anda bisa menggunakan barang bekas seperti gelas plastik bekas, pipa bekas. 

Anda juga bisa menggunakan pohon bambu sebagai tempat menanam hidroponik. Alat lain yang anda butuhkan adalah gergaji besi atau cutter untuk memotong tempat menanam.

Media tanam yang dapat anda menggunakan antara rockwool atau tanah biasa. Jika anda menggunakan tanah, terlebih dahulu campurlah dengan pupuk kompos dan air hingga tercampur rata. Bahan yang anda butuhkan selanjutnya adalah benih pakcoy yang telah melewati seleksi kualitas.

cara menanam pakcoy hidroponik sangat mudah

3. Membuat media tanam pakcoy hidroponik

Menyemai bibit

Media tanam yang baik untuk menan
am pakcoy hidroponik adalah rockwool. Cara membuatnya yaitu potonglah rockwool menjadi bagian – bagian kecil dengan tebal 2,5 senti meter. 

Kemudian buatlah lubang – lubang kecil pada setiap potongan media. Setelah itu, letakkan benih pakcoy pada lubang rockwool dengan ketentuan satu lubang satu benih.

Setelah semua lubang selesai di isi dengan benih, basahilah media menggunakan air dengan cara spray pelan. Letakkan media yang sudah berisi benih di tempat yang terbuka dan cukup cahaya matahari.

Baca juga : 11 Penyebab kegagalan Hidroponik yang perlu anda tahu!

4. Nutrisi dan Perawatan tanaman pakcoy hidroponik

Merawat tanaman pakcoy pada umumnya adalah sama dengan perawatan tanaman lain, yaitu memerlukan pupuk, pengaturan suhu, kontrol nutrisi dan perawatan tanaman dari hama. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengontrol suhu pada kebun hidroponik anda. Jika masih awal masa tanam usahakan kondisinya lembab, namun cukup cahaya matahari.

Seiring tumbuhnya pakcoy maka intensitas cahaya terus di tambah sesuai kebutuhan tanaman. Selanjutnya adalah pemberian nutrisi melalui air, menanam pakcoy hidroponik memerlukan air yang cukup banyak, karena itu jika musim kemarau anda harus menyiram tanaman ini dengan rutin setiap hari.

Perawatan selanjutnya adalah pemupukan, sebagai nutrisi tambahan bagi tanaman ini, setidaknya di berikan sejak tanaman ini berusia 2 minggu. Pupuk yang bisa anda gunakan adalah pupuk kimia atau pupuk organik dengan dosis rendah. Pemberian pupuk ini dengan tujuan mempercepat pertumbuhan pakcoy agar segera bisa di panen.

Perawatan yang terakhir adalah menghindari tumbuhnya rumput liar, keberadaan rumput liar sangat mengganggu pertumbuhan pakcoy. Oleh karena itu harus dilakukan perawatan dengan cara mencabut semua tumbuhan liar yang ada di sekitar tanaman pakcoy hidroponik anda.

Perawatan lain yang harus dilakukan oleh petani sayur adalah mencegah terjadinya serangan hama. Hama dan penyakit yang biasanya menyerang tanaman ini adalah jenis ulat, jamur, cacing dan siput. Sekilas hama ini tampak tidak memiliki pengaruh terhadap tanaman. Tapi jika anda abaikan, mungkin anda akan mengalami gagal panen karena hama ini.

Untuk mencegah hama pada tanaman anda bisa melakukan perawatan dengan cara spray obat anti hama khusus tanaman hidroponik. Obatnya bisa anda dapatkan si setiap toko obat tumbuhan. Minimal obatan lakukan sekali pengobatan selama masa tanam.

5. Waktu panen tanaman pakcoy

Lama waktu tanam hingga panen untuk tanaman pakcoy hidroponik ini adalah 35 - 45 hari. Namun, banyak petani sayur yang panen pada usia pakcoy 20 – 25 hari yang kemudian di jual di pasar dengan sebutan sawi kecil. Cara panen tanaman ini cukup mudah dan cepat dilakukan.

Panen pakcoy hidroponik anda hanya perlu membawa wadah dan pisau atau pemotong lainnya. Potong dengan pelan supaya tidak merusak daun pakcoy, kemudian letakkan pada wadah yang sudah anda siapkan. Pakcoy siap untuk di jual kepada konsumen.

Pakcoy siap panen



Demikian beberapa referensi mengenai pakcoy yang bisa saya sampaikan. Keberhasilan pertanian ditentukan oleh keras anda dan bagaimana anda merawat pakcoy hidroponik tersebut. tetapi dengan mengikuti cara menanam pakcoy hidroponik diharapkan akan mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.
Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

2 komentar untuk "Ketahui 5 cara menanam pakcoy hidroponik, dijamin berhasil!"

Posting Komentar