11 Cara Menanam Jagung Manis Yang Baik Dan Benar Agar Hasil Melimpah

cara menanam jagung manis

 Cara menanam jagung manis yang baik dan benar akan menjadi informasi menarik, terutama bagi anda yang suka bercocok tanam, baik anda lakukan sebagai profesi maupun hobi. 

Ada banyak cara untuk menanam jagung manis,tapi anda dapat mencoba yang termudah untuk menanamnya. Kurang lebih bagaimana triknya? Langsung kita baca bersama cara menanam jagung manis yang benar dan baik di bawah ini.

Cara menanam jagung manis supaya hasil berlimpah

cara menanam jagung manis

 Dalam cara menanam jagung manis, ada cara yang perlu anda kerjakan. Dimulai dari awalnya saat menentukan benih, pemrosesan tempat, pemupukan, hingga kemudian pemanenan. Berikut beberapa cara menanam jagung manis supaya hasil melimpah.

1. Penyeleksian Benih

 Penyeleksian benih ini perlu dikerjakan supaya hasilnya mempunyai kualitas yang berbuah banyak dan tinggi. Oleh karena itu penyeleksian benih sangat penting dalam cara menanam jagung manias. 

 Benih yang dipakai seharusnya datang dari jagung manis yang sehat dan tidak terserang penyakit. Tentukan benih dari varietas yang bagus.

 Benih pilihan anda akan punya pengaruh pada cara tanamnya juga. Entah anda ingin pilih benih jagung manis, bisi 2, bisi 18, pioneer p21, hibrida, bonanza f1, atau tipe benih lainnya.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih benih jagung manis

  • Pakai benih yang fresh dan dari jagung berkualitas.
  • Gunakan tipe jagung yang telah tercatat atau bersertifikasi di Sekretariat Jenderal Kementrian Pertanian.
  • Tidak boleh memakai benih yang kecambahnya buruk, terserang hama dan penyakit.

Bila anda pilih benih seperti saran di atas, mudah-mudahan hasil jagungnya banyak buahnya dan berlimpah.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, yuk simak apa saja itu!

2. Penyiapan Lahan

 Cara menanam jagung manis selanjutnya yaitu penyiapan lahan. Jika anda telah tentukan bibit yang bakal ditanamkan, maka tahap selanjutnya adalah menyiapkan lahan. Tempat tanam perlu diolah saat sebelum kita menanam jagung supaya produk yang dibuat lebih baik dan berkualitas.

  1. Cangkul tanah supaya jadi lebih gembur hingga perputaran oksigen di tahan jadi baik. Sesudah pencangkulan, biarkan lebih dulu tanah sepanjang lebih kurang satu pekan.
  2. Saat pencangkulan, janganlah lupa untuk bersihkan tempat dari tanaman gulma atau pengganggu.
  3. Ukur pH tanah, jika tanah mempunyai tingkat keasaman yang tinggi (pH kurang dari 5), kamu dapat menambah kapur dolomit (jumlahnya 1 ton / 2 hektar lahan).
  4. Tambah pupuk kandang untuk gizi tanah supaya tingkat kesuburannya bertambah.
  5. Siapkan tempat untuk drainase air supaya tempat tidak tergenangi oleh air.
cara menanam jagung manis yang baik dan benar

3. Membuat Lubang Tanam

 Cara menanam jagung manis yang ketiga yaitu membuat lubang tanam untuk benih jagung. Lubang untuk menanam biji jagung ini kedalamannya sekitaran 5 cm. Berikan jarak di antara lubang tanam di antara 50-70 cm supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik.

BAca juga : Cara menanam melon hidroponik dengan sistem fertigasi

4. Penanaman Jagung

 Bila anda baru pertama kalinya menanam jagung, seharusnya penanaman diawali saat awalnya musim hujan. Maksudnya sudah pasti supaya biji bisa tumbuh secara baik karena pengairan cukup.

 Anda sebetulnya bisa juga lakukan penanaman saat musim kemarau, tetapi cara menanam jagung pada musim kemarau harus rajin melakukan pengairan. Pengairan saat awalnya proses penanaman harus cukup supaya biji yang ditanamkan dapat tumbuh dengan maksimal.

 Tehnis penanamannya dengan menanam 1 butir benih jagung di satu lubang tanam. Selanjutnya, tutup lubang tanam dengan pupuk kompos. Siram air yang cukup supaya biji bisa tumbuh dengan baik.

Baca juga : Cara menanam tomat dari biji, penting diketahui agar hasil maksimal

5.Pengairan

 Pengairan menjadi salah satu cara menanam jagung manis agar hasil melimpah. Pengairan lahan dilaksanakan dengan cara penggenangan, sisi yang menampung air cukup parit untuk drainase saja, bukan semua lahan. Maka pengairan lahannya cukup hanya menyalurkan air melalui drainase yang telah dibuat.

 Air yang disalurkan didiamkan sampai menyerap ke bilikan tanah. Bila tanah di tempat telah basah, cukup alirkan air dan mengeluarkan melalui aliran drainase.

 Ada pula cara menanam jagung yang lain dapat kamu pakai untuk pengairan tempat jagung. Kamu dapat memakai sistem kubangan, mode jalur, pengairan dari sisi bawah permukaan, springkler, atau sistem tetes air.

Baca juga : Cara menanam tomat hidroponik agar berbuah lebat

6. Penyulaman Tanaman

 Penyulaman ialah tehnik perawatan jagung di mana dilaksanakan pengujian pada bibit jagung dalam kurun waktu lebih kurang satu pekan. Pengujian ini dilaksanakan untuk pastikan jika bibit yang tumbuh baik dan pada kondisi normal.

 Jika saat penyulaman diketemukan bibit yang cacat atau mungkin kurang baik, seharusnya dilaksanakan pembibitan ulangi pada bibit itu. Maksudnya sudah pasti supaya tanaman bisa tumbuh secara baik dan pendayagunaan lahannya lebih maksimal. Oleh karena itu penyulaman tanaman sangat penting dalam cara menanam jagung manis agar hasil melimpah.

7. Penyiangan dan Pembubuhan

 Bila tanaman berumur sekitaran 2 minggu semenjak periode tanam pertama, waktunya untuk membersihan rumput liar yang mulai meninggi disekitaran tanaman jagung. Triknya cukup hanya mengambil gulma memakai cangkul kecil atau tangan.

 Cukup membersihkan gulma memakai tangan ya, tidak perlu gunakan pestisida, apa lagi jika anda menanam jagung manis. Agar hasil panen optimal, penyiangan dilaksanakan manual saja, tanpa pestisida, jadi hasil jagungnya jadi organik.

 Di selang proses penyiangan, anda dapat lakukan proses pembubuhan. Proses pembubuhan ini ditujukan supaya tanaman tidak gampang ambruk saat mulai tumbuh besar.

 Cara lakukan pembubuhan dengan kumpulkan tanah disekitaran tanaman ke tangkai jagung hingga membuat gundukan supaya tanaman kuat berdiri. Proses pembubuhan ini dilaksanakan saat umur tanaman lebih kurang 1 bulan sesudah ditanam.

Baca juga : Cara membasmi hama tikus dengan oli bekas, anti gagal!

8. Penyiraman

 Penyiraman perlu dilaksanakan saat tiba musim kemarau. Maksudnya pasti untuk jaga kelembapan tanah supaya tidak kekurangan air. Karena ada air, perkembangan tanaman akan lebih maksimal.

9. Pemupukan

 Cara menanam jagung manis selanjutnya yaitu pemupukan. Pemupukan sebetulnya telah dilaksanakan awalnya, yakni dengan memberinya pupuk kandang di proses penyiapan tanah ataupun waktu penanaman biji.

 Disamping itu, pemupukan dilaksanakan pada umur tanam telah capai dua bulan supaya panen melimpah. Pemupukan ini dibutuhkan untuk kembalikan elemen hara tanah, seperti kalium, fosfat, dan nitrogen.

 Anda dapat memakai pupuk organik seperti pupuk pupuk bokashi atau kandang. Atau, juga bisa memakai pupuk bikinan, yang perlu sama menyuburkan tanah.

10. Penanggulangan Hama

 Hama dan penyakit umumnya akan serang tempat yang ditanam jagung. Karena itu, kita perlu lakukan pengaturan pada penyakit dan hama.

 Umumnya, hama yang serang tanaman jagung ialah hama ulat tongkol, kutu pengerek tangkai, dan daun. Setiap hama sudah pasti berlainan cara pengatasannya.

Hama Ulat Tongkol

 Hama ini sesuai namanya, akan serang tongkol jagung. Penangkalan dari hama ini pasti dengan buang jagung yang telah telanjur diserang.

 Kemudian, kita perlu memperhatikan kembali perkembangan tanaman supaya pada musim tanam selanjutnya dapat menghindar gempuran ulat tongkol.

Kutu Daun

 Kutu daun pasti serang daun dari tanaman jagung. Kutu ini akan keluarkan cairan seperti embun pada daun dan menyebabkan daun jadi warna hitam.

 Untuk pemberantasan, kamu dapat memberinya lawan alami dari kutu daun ini. Lawan dari kutu daun ialah Lysiphlebus Mirzai dan Miscraspis sp.

Pengerek Tangkai

 Selainnya tongkol jagung dan daun, tangkai tanaman tidak lepas dari gempuran hama. Tangkai akan dikonsumsi oleh pengerek tangkai sampai jadi remuk.

 Bila tanaman kamu telah terserang hama ini, seharusnya kerjakan perputaran tanaman. Bila dirasakan menyusahkan, kamu dapat memberinya lawan alami hama ini, yakni Euborellia Annulata.

11. Pemanenan

 Cara menanam jagung manis yang terakhir ialah pemanenan. Sesudah kita menjaga secara baik tanaman jagung, karena itu waktunya kita panen. Pemanenan ini dilaksanakan saat telah masuk hari ke 65-75 mulai dari tanam biji.

 Proses pemanenannya lumayan gampang dilaksanakan, kamu perlu memutar sisi tongkol jagung supaya terpisah di antara buah jagung dengan batangnya.

 Supaya tidak salah panen, ada banyak ciri-ciri yang dapat kamu saksikan, untuk membandingkan jagung yang telah belum dan manis.

  • Usia tanaman jagung umumnya di antara 65-75 hari.
  • Klobot jagung mulai mengering.
  • Di bagian dasar biji ada susunan warna hitam.
  • Warna daun mayoritas warna sedikit jadi kering dan kuning. Tetapi, jika kamu memakai varietas Bima, karena itu daun tanamannya tetap hijau meskipun jagung telah tua.
 Demikian penjelasan singkat mengenai cara menanam jagung manis yang baik dan benar. Membahagiakan sekaki jika bisa memetik jagung dari kebun sendiri bukan ?. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "11 Cara Menanam Jagung Manis Yang Baik Dan Benar Agar Hasil Melimpah"