9 Sayuran Yang Cocok Ditanam Di Pekarangan Rumah

Sayuran Yang Cocok Ditanam Di Pekarangan Rumah

 Sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah apa saja ya?. Selama pandemi seperti sekarang ini, beberapa orang menjadikan bercocok tanam sebagai hoby baru di rumah. Menanam sayuran di pelataran rumah sangat bermanfaat, sayuran langsung bisa dipanen dan dibuat jadi sajian yang lezat dan sehat untuk keluarga anda.

 Untuk menanam sayuran di pekarangan rumah, Anda tak perlu membutuhkan tempat yang luas. Anda dapat menanam sayuran di pot, teras bahkan juga balkon rumah anda. Untuk memperoleh hasil panen terbaik, Anda harus pastikan kebun atau pot Anda mendapatkan delapan jam cahaya matahari langsung. 

 Perlu diingat jika beberapa tanaman membutuhkan temperatur yang berbeda. 

Sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah dan cepat panen

Berikut ini sejumlah tipe sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah Anda.

1. Selada

Sayuran Yang Cocok Ditanam Di Pekarangan Rumah

 Selada merupakan sayuran yang cocok ditanam dipekarangan rumah. Selada cocok dicuaca yang sejuk dan tumbuh secara baik jika ditanam dari benih. 

 Ini sebagai opsi pas untuk ditanam di pot dan tingkat jendela karena akarnya dangkal. Pastikan supaya tanaman masih tetap lembab saat benih bertunas, lalu anda bisa memanen selada saat daunnya panjangnya beberapa inci. Selada juga termasuk dalam sayuran cepat panen lho.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, yuk simak apa saja itu!

2. Buncis dan kacang-kacangan

 Sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah kedua ialah buncis dan kacang-kacangan. Buncis, salah satu sayuran yang terhitung dalam tipe kacang-kacangan, ialah tanaman yang paling produktif. Makin banyak Anda memetik, maka semakin banyak juga buah yang di hasilkan oleh tanaman tersebut.

 Menabur benih langsung di tanah merupakan cara terbaik untuk menanam buncis dan kacang-kacangan karena transplantasi umumnya tidak berhasil. Anda bisa juga pilih kacang polong, yang memerlukan banyak ruangan dan anda bisa memanfaatkan teralis untuk menjalarkan tanaman kacang polong ke atas, atau tipe kacang-kacangan yang lain yang bisa ditanam di pot.

sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah

3. Cabe

 Cabe juga merupakan sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah. Cabe menyenangi cuaca panas, dan mereka tumbuh secara baik di tanah, pot/polybag, atau di teras yang cerah. Transplantasi ialah opsi yang lebih bagus, tetapi Anda selalu dapat menanam cabe dari biji.

Baca juga : 3 pupuk untuk cabe rawit agar berbuah lebat

4. Tomat

Sayuran Yang Cocok Ditanam Di Pekarangan Rumah

 Tomat termasuk salah satu sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah. Anda bisa menanam tomat, yang lebih suka suhu panas,anda bisa menanam tomat dari biji. Langkah yang lain, bila Anda ingin, Anda bisa pilih transplantasi.

 Lihat tipe tomat apa yang Anda beli. Tipe tertentu mempunyai buah yang masak dengan cepat, tingginya sekitaran 30 cm sampai 1,2 meter.

 Tomat ceri ialah jenis tomat yang terbaik untuk yang baru memulai mencoba menanam tomat, dan banyak varietas baru yang tetap bagus untuk ditanam dalam pot atau polybag.

Baca juga : Agar hidroponik tomat berbuah lebat, intip rahasianya!

5. Mentimun

Sayuran Yang Cocok Ditanam Di Pekarangan Rumah

 Mayoritas tipe mentimun ialah tanaman menjalar yang menyenangi panas, jadi Anda membutuhkan ruangan untuk menanamnya. Anda dapat sediakan pagar atau teralis buat tanaman mentimun memanjat secara vertikal. Yang terbaik ialah menanam benih langsung di tanah karena transplantasi termasuk sulit untuk tanaman mentimun.

Baca juga : Cara menanam cabe hidroponik, hasil melimpah lho.

6. Terong

 Terong termasuk tanaman sayuran pencinta panas, dan beberapa macam lebih lebat hingga bisa ditanam di polybag atau pot. Cari varietas yang hasilkan terong panjang, ramping, atau bahkan juga berupa bulat. 

 Menanam terong yang terbaik ialah dengan cara transplantasi terkecuali Anda sudah mengawalinya dalam ruang sekitaran delapan minggu saat sebelum musim penghujan usai.

7. Kale

 Sayuran yang kaya akan nutrisi ini benar-benar kuat dan tidak memedulikan cuaca dingin. Kale terbaik ditanam di tanah di pekarangan rumah, baik dari transplantasi atau benih.

Tetapi, bila Anda mempunyai ruangan terbatas, Anda bisa menanamnya dalam pot dan memetiknya saat empuk dan muda.

8. Bayam

 Bayam termasuk sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah. Bayam ialah tanaman sayuran pencinta cuaca dingin. 

 Bila Anda tinggal di cuaca panas, carilah varietas bayam yang tahan panas. Anda dapat memanfaatkan daun yang muda untuk dimasak sebagai oseng, salad, atau sup.

Baca juga : Cara menanam rosemary anti gagal!

9. Tanaman herbal

 Sayuran yang cocok ditanam di pekarangan selanjutnya ialah tanaman herbal. Bahkan juga bila Anda mempunyai balkon kecil, Anda bisa menanam tanaman herbal.

 Benar-benar membahagiakan untuk menggunting beberapa daun untuk setiap makan, dan itu lebih murah dibanding beli di toko. Tanaman herbal tumbuh sama bagusnya di tanah maupun di pot.

Anda bisa menanam tanaman herbal mayoritas dari biji, tapi bila Anda ingin cepat panen, tanaman herbal tidak begitu mahal untuk dibeli sebagai transplantasi. Lebih bagus kembali, beberapa herbal, seperti daun bawang, sage, dan thyme, bisa tumbuh dalam periode waktu lama.

 Demikian beberapa referensi sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah anda, pasti menyenangkan jika bisa memetik sayuran dari pekarangan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "9 Sayuran Yang Cocok Ditanam Di Pekarangan Rumah"