6 Cara Menanam Rosemary, Anti Gagal!

 

cara menanam rosemary

 Cara menanam rosemary anti gagal akan menjadi informasi sangat menarik, terutama untuk anda pecinta tanaman herbal. Rosemary adalah semak cemara abadi dengan bunga berwarna biru. 

 Rosemary memiliki aromatik dan khas dengan rasa manis dan menyegarkan. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menanam rosemary yang cocok untuk pemula.

PANDUAN CARA MENANAM ROSEMARY 

MENANAM, MENUMBUHKAN DAN MEMANEN ROSEMARY

TENTANG ROSEMARY

cara menanam rosemary

 Sebelum membahas tentang cara menanam rosemary, sedikit ulasan mengenai apa itu tanaman rosemary. Rosemary berasal dari tepi Laut Mediterania, rosemary tumbuh dengan baik di daerah hangat dengan kelembaban yang stabil, di mana ia dapat tumbuh menjadi semak setinggi beberapa kaki.

 Bahkan, rosemary tumbuh dengan sangat kuat dalam kondisi ideal sehingga bisa menjadi sedikit beban jika tidak dikelola dengan baik! . Tanaman herbal ini dapat ditanam di luar ruangan sebagai semak abadi di area yang lebih hangat. 

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, yuk simak apa saja itu!

 Di daerah yang lebih dingin, rosemary harus disimpan dalam pot dan dibawa ke dalam ruangan saat musim dingin.  Rosemary sering digunakan untuk bumbu unggas, domba, semur, dan sup.

1. BAGAIMANA TANAM ROSEMARY?

cara menanam rosemary

 Cara menanam rosemary dapat ditanam dari biji, tetapi tingkat perkecambahan umumnya cukup rendah dan bibit lambat tumbuh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memulai tanaman rosemary baru dari stek yang diambil dari tanaman yang sudah mapan.

Baca juga : Cara menanam bonggol aglonema agar tidak mudah busuk

 Stek tumbuh dengan cepat dalam kondisi baik dan harus siap untuk penanaman di luar ruangan dalam waktu sekitar 8 minggu. Catatan: Biji bisa memakan waktu lama untuk berkecambah (2 hingga 3 minggu), jadi jangan langsung menyerah!

2. MEMILIH DAN MEMPERSIAPKAN LAHAN TANAM ROSEMARY

 Memilih dan mempersiapkan lahan tanam sangat penting dalam cara menanam rosemary. Tanam di bawah sinar matahari penuh. Lokasi penanaman harus memiliki tanah yang dikeringkan dengan baik.

 Rosemary tidak akan mentolerir basah secara konsisten. Pastikan untuk memberi tanaman Anda ruang yang cukup untuk tumbuh. Setelah terbentuk, rosemary akhirnya dapat tumbuh setinggi sekitar 4 kaki dan menyebar sekitar 4 kaki juga. 

Baca juga : Cara menanam bunga matahari di rumah, anti gagal!

 Rosemary dapat tumbuh bersamaan dengan tanaman lain di kebun anda seperti kacang, kol, wortel, dan bijak. Pelajari lebih lanjut tentang penanaman sayuran dan tanaman herbal bersamaan

3. CARA MENANAM ROSEMARY 

 Tanam benih / stek di tanah yang dikeringkan dengan baik. Untuk pertumbuhan terbaik, suhu tanah harus sekitar 70oF (21 ° C).

4. PERAWATAN  ROSEMARY 

  • Siram rosemary sepanjang penanaman tanaman herbal ini, tetapi berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak air. 
  • Pangkas secara teratur agar tanaman tidak menjadi kurus. 
  • Untuk rosemary segar di musim dingin, tanam tanaman di dalam ruangan dalam pot (atau potong dari tanaman luar dan simpan di dalam ruangan kedua). Pastikan untuk meletakkannya dalam cahaya terang dan melindunginya dari angin dingin. 
  • Rosemary yang tumbuh di tanah tidak bisa dipindah-pindahkan, jadi pertimbangkan untuk menanamnya dalam wadah yang bisa dibawa masuk selama musim penghujan.
  • Pastikan untuk mendapatkan stek atau membelah tanaman untuk musim depan jika tidak akan bertahan musim dingin di daerah Anda.

5. CARA MEMANEN ROSEMARY

  • Potong batang untuk menggunakan rosemary segar, atau gantung di dapur untuk rosemary kering.
  • Selama musim dingin atau penghujan, bawa pot tanaman rosemary ke area yang tidak terkena hujan. 
  • Panen batang muda dan daun untuk rasa segar rosemary.
  • Panen hingga sepertiga dari rosemary pada satu waktu, memungkinkan tanaman untuk menggantikan pertumbuhannya sebelum mengambil lebih banyak.

6. CARA MENYIMPAN ROSEMARY

  Cara merawat rosemary kering yaitu dengan mengeringkan tangkai rosemary sampai kering dan simpan dalam wadah kedap udara di lemari.

Baca juga : Cara mengatasi hama tikus dengan oli bekas, dijamin berhasil!

MANFAAT ROSEMARY

  • Teh Rosemary dikatakan meningkatkan ingatan seseorang. Atau, kenakan setangkai rosemary di rambut Anda untuk meningkatkan daya ingat Anda. 
  • Dalam bahasa bunga, rosemary melambangkan ingatan. 
  • Setangkai lavender atau rosemary di bawah penutup papan setrika Anda akan melepaskan aroma dengan panas.

Demikian beberapa  ulasan tentang cara menanam rosemary,  semoga bermanfaat.

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "6 Cara Menanam Rosemary, Anti Gagal!"