5 Makanan Penurun Gula Darah Dan Pengatur Diabetes Yang Perlu Diketahui

 

Oatmeal  bluberry dan kacang merupakan makanan penurun gula darah terbaik
makanan-terbaik-penurun-gula-darah-via-insider-com

Makanan penurun gula darah informasi sangat menarik untuk dibahas. Salah satu cara menjaga kestabilan gula darah pada penderita diabetes ialah dengan mengonsumsi makanan yang mempunyai manfaat untuk menurunkan gula darah. Makanan terbaik penurun gula darah termasuk biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, oatmeal, kacang-kacangan, dan bawang putih.

Jika anda menderita diabetes atau mungkin berisiko terkena diabetes, penting untuk mengatur kadar gula darah anda dengan diet sehat, dan waspada terhadap indeks glikemik makanan yang anda makan.

Penting untuk makan makanan yang tepat untuk menjaga kadar gula darah. Misalnya, mengonsumsi karbohidrat sehat, makanan tinggi serat, dan lemak sehat yang bisa membantu mencegah lonjakan gula darah. 

Tetapi mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat yang mengandung banyak gula dapat membuat anda lebih sulit mengontrol diabetes, kata Deena Adimoolam, MD. Asisten Profesor Kedokteran, Endokrinologi, Diabetes, dan Penyakit Tulang di Icahn School of Medicine di Gunung Sinai.

Ketahui makanan penurun gula darah agar gula darah anda tetap terkontrol.

Apa indeks glikemik?

Mengetahui indeks glikemik makanan dapat membantu Anda membuat pilihan diet yang lebih baik dan membantu Anda mengelola diabetes. Itu karena indeks glikemik memberi peringkat karbohidrat dengan seberapa cepat dan seberapa banyak mereka menaikkan gula darah, dalam skala 1 hingga 100.

baca juga : 10 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan, Mulai dari Kulit Sampai Organ Dalam

Makanan rendah glikemik memiliki jumlah serat, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi. Karena kandungan seratnya yang tinggi, makanan ini dicerna dengan lambat, dan karena itu berdampak lebih bertahap pada gula darah. Penderita diabetes harus mencoba makan lebih banyak makanan rendah glikemik untuk menghindari lonjakan gula darah.

Indeks glikemiks makanan untuk menurunkan gula darah
indeks-glikemi


Jika Anda menderita diabetes, penting juga untuk melacak karbohidrat yang Anda makan setiap hari dan setiap kali makan, karena terlalu banyak karbohidrat dengan kandungan glikemik tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah. Dan bahkan jika Anda tidak menderita diabetes, mengonsumsi makanan tinggi glisemik dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kelebihan berat badan.

Baca juga : 8 Makanan Bernutrisi Tinggi Yang Penting Untuk Otak Anak, Penting untuk diketahui!

Berikut beberapa contoh makanan untuk menurunkan gula darah rendah glisemik 

1. Biji-bijian utuh

beras merah makanan terbaik penurun gula darah
beras-merah-untuk-penurun-gula-darah-via-iStockphoto


Contoh makanan penurun gula darah terbaik yang pertama ialah biji-bijian seperti beras merah. Nasi merah sangat baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kadar gula darah, karena nasi merah tidak akan dicerna dengan cepat oleh pencernaan kita. Dikarena biji_bijian memiliki lebih banyak serat dibanding lainnya. 

Sebuah studi tahun 2007 di Hormone and Metabolic Research menemukan bahwa makan makanan kaya serat (lebih dari 30 gram serat per hari), khususnya melalui produk biji-bijian, dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Contoh biji-bijian meliputi:

Barley (GI = 22)

Bulgur (G1 = 46)

Soba (GI = 49)

2. Buah-buahan dan sayur-sayuran penurun gula darah

Sayur rendah GI untuk penurun gula darah
sayur-untuk-penderita-diabetes-via-hallosehat-com


Referensi makanan penurun gula darah yang kedua yaitu buah buahan dan sayuran. Buah dan sayur merupakan contoh karbohidrat sehat yang kaya serat. Untuk penderita diabetes, dokter merekomendasikan makan lima porsi buah-buahan (2 porsi) dan sayuran (3 porsi) per hari. Untuk menjaga kadar gula darah yang sehat, meskipun Anda harus konsultasi dengan dokter anda untuk membuat rencana makan individual.

Baca juga : Tips Nutrisi Yang Harus Diketahui Setiap Ibu Penting!

Disarankan untuk memilih buah yang kematangannya kurang, karena indeks glikemiknya lebih rendah dibandingkan dengan buah yang matang sempurna. Makan buah dengan kulit bisa lebih bermanfaat, karena kulit mengandung lebih banyak serat dan bisa membantu mengatur gula darah Anda.

Meskipun semua buah memasok nutrisi, buah kering dan jus buah memiliki sumber gula alami yang lebih terkonsentrasi. Jika memungkinkan, pilih buah utuh, yang masih segar atau sudah beku.

Sebagian besar sayuran baik untuk penderita diabetes, meskipun sayuran bertepung seperti kentang, ubi jalar, dan pisang raja memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dan harus dimakan dalam jumlah sedang. Beberapa contoh buah dan sayuran rendah glisemik meliputi:

Apel (GI = 40)

Jeruk (GI = 40)

Brokoli (GI = 10)

Makanan penurun gula darah yang satu ini mudah sekali didapatkan bukan?.

Baca juga: Kenali 5 superfood dalam Al Qur'an

3. Oatmeal

Oatmeal kaya serat untuk penurun gula darah
oatmeal-makanan-terbaik-penurun-gula-darah

Makanan penurun gula darah yang ketiga yaitu oat. Oat adalah pilihan lain yang baik untuk penderita diabetes karena nilai indeks glikemiknya yang rendah dan kandungan seratnya yang tinggi. Sebuah tinjauan tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan makan gandum utuh dengan setidaknya 3g serat larut setiap hari dapat membantu pasien diabetes tipe 2 mengontrol kadar glukosa darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Anda harus memastikan untuk memilih oat utuh atau yang setengah utuh, karena jenis oatmeal ini kurang diproses, yang berarti mereka menyerap ke dalam aliran darah lebih lambat. Cobalah untuk menghindari oatmeal instan dengan tambahan gula, dan jika Anda mencampurkan buah atau bahan lain ke dalam oatmeal Anda, perhatikan gula tambahan dan kandungan total karbohidratnya. Cerdaslah dalam memilih makanan penurun gula darah.

4. Kacang

Almond makanana terbaik penurun gula darah
manfaat-almond-untuk-gula-darah-via-healthmagazine

Kacang-kacangan menduduki peringkat ke empat untuk makanan penurun gula darah. Kacang-kacangan rendah glisemik, tinggi serat, dan sumber lemak yang sehat. Mereka juga mengandung nutrisi dan vitamin yang bermanfaat, seperti vitamin E, asam lemak omega-3, dan magnesium, yang meningkatkan kesehatan jantung dan berkontribusi pada diet seimbang.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari satu ons kacang per hari menurunkan faktor risiko diabetes tipe 2, seperti indeks massa tubuh dan lingkar pinggang.

Kacang yang paling sehat untuk penderita diabetes adalah:

Almond (GI = 20)

Kacang mete (GI = 20)

Kacang (GI = 14)

5. Bawang putih

Manfaat bawang putih
manfaat-bawang-putih-sebagai-penurun-gula-darah-via-cnn-com

Referensi makanan penurun gula darah yang terakhir yaitu bawang putih. Ada bukti yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengontrol gula darah dengan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Itu karena beberapa senyawa dalam bawang putih termasuk allici, allyl propyl disulfide dan S-allyl cysteine ​​sulfoxide dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca juga : Pola Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Berbagai Jenis Penyakit

Sebagai contoh, sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Food and Nutrition Research menemukan bahwa mengonsumsi antara 0,05 hingga 1,5 g bawang putih (dari suplemen) per hari secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah pada pasien diabetes tipe 2.

Cobalah membumbui makanan Anda dengan bubuk bawang putih atau menambahkan beberapa siung bawang putih yang dihancurkan saat Anda memasak. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika berencana mengonsumsi banyak bawang putih, karena bawang putih juga dapat menyebabkan gas, mual, dan mulas (plus, bau mulut). Bawang putih juga bisa berbahaya bagi penderita pengencer darah.

Kesimpulan

Dari beberapa referensi makanan penurun gula darah di atas dapat disimpulkan bahwa makanan yang mengandung serat, protein, dan lemak sehat lebih baik untuk menurunkan gula darah dan mengelola diabetes. Dibandingkan dengan makanan tinggi karbohidrat yang bekerja cepat, seperti yang tinggi gula tambahan dan biji-bijian olahan. Indeks glikemik dapat menjadi ukuran yang berguna untuk menentukan makanan mana yang akan dimakan, tetapi penting untuk diingat bahwa setiap orang bereaksi terhadap makanan secara berbeda.

Beberapa makanan yang dianggap sebagai makanan indeks glikemik rendah berpotensi menyebabkan lonjakan gula darah seseorang lebih cepat daripada orang lain. Kadar gula darah juga dapat bergantung pada faktor lain, seperti obat apa yang dikonsumsi seseorang dan apa lagi yang dipasangkan dengan makanan tertentu.

Jika Anda memiliki diabetes atau berisiko, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan diet apa yang tepat untuk Anda. Jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Sumber : insider.com

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

2 komentar untuk "5 Makanan Penurun Gula Darah Dan Pengatur Diabetes Yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar