Berkebun di rumah yang menghasilkan, yakin gak mau coba?

 

Bonsai

 Berkebun di rumah yang menghasilkan terdengar sangat menarik bukan. Selain bisa Sebagai sarana penyalur hobi, berkebun di rumah juga bisa menjadi aktivitas yang menghasilkan dan menyenangkan.

 Menghasilkan apa maksudnya?

 Berkebun di rumah yang menghasilkan apa saja tentunya. Bisa menghasilkan kepuasan batin karena hobi tersalurkan, menghasilkan uang karena hasil kebun bisa dijual dan masih banyak lagi.

Berkebun di rumah yang menghasilkan 

 Ada berbagai cara berkebun di rumah yang menghasilkan, diantaranya yaitu dengan cara menanam sayuran hidroponik, kebun mini portable dan budidaya tanaman hias.

Tanaman yang menghasilkan di lahan yang sempit

Hidroponik botol bekas

 Memiliki kebun sendiri di rumah menjadi salah satu keuntungan ekonomis, selain itu juga bisa menghijaukan dan mempercantik rumah. Anda tidak perlu terlalu memegang standar desain kebun yang cantik di halaman, anda bisa berkreasi sendiri.

 Halaman yang sempit, peralatan kurang memadai bukan alasan untuk tidak berkreasi. Bahkan dengan barang bekas yang tak terpakai di rumah pun bisa anda kreasikan menjadi sebuah kebun yang menghasilkan. 

 Anda bisa menggunakan botol plastik bekas untuk membuat hidroponik sayuran. Untuk mengetahui cara pembuatan hidroponik menggunakan botol plastik bekas bisa anda baca disini

 Selain menggunakan botol bekas masih banyak tehnik hidroponik lain yang bisa anda praktekan. Hidroponik sederhana juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berkebun di rumah yang menghasilkan.

 Menggunakan styrofoam buah, paralon bekas, polybag bisa anda lakukan untuk membuat kebun hidroponik di pekarangan. Selain perawatan yang mudah hidroponik sederhana pun menguntungkan loh.

 Untuk sayuran Hydroponic yang bisa ditanam menggunakan tehnik hidroponik botol bekas pun sangat beragam. Mulai dari Pakcoy, sawi, kangkung, selada, bayam, tomat, daun herbs seperti mint, rosemary, dan masih banyak lagi. 
 
 Selain bisa untuk dikonsumsi sendiri, sayuran hydroponic yang anda hasilkan juga bisa dijual, berkebun di rumah yang menghasilkan bukan?.

Berkebun di pekarangan rumah

Kebun mini dengan kotak kayu 

Kebun mini


 Berkebun di pekarangan rumah yang sempit bisa di akali dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan menciptakan kebun mini dalam kotak kayu. Kotak kayu yang tidak terlalu tinggi bisa anda sulap menjadi kebun sayur portable mini. 

 Tehnik berkebun dipekarangan rumah ini sangat cocok diterapkan apabila halaman anda tidak mendapat sinar matahari yang maksimal. Krat kayu menjadi media tanam yang sempurna , karena bagian panel kayu yang memiliki celah dapat digunakan sebagai saluran irigasi sederhana. 

 Jika anda ingin memindah-mindahkan kebun portabel mini tersebut, anda bisa menambahkan roda dibawahnya. Jadi sewaktu-waktu anda ingin mengganti posisi kebun, anda dengan mudah bisa memindahkannya. 


 Anda dapat menanam berbagai macam sayuran di kebun mini anda. Pilihlah sayuran yang mudah tumbuh dan waktu panennya tidak terlalu lama. Sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah misalnya selada, kubis, wortel dan bawang.

 Dan tentu saja jika sayur yang anda tanam lebih banyak anda bisa menjualnya, ini juga menjadi salah satu cara berkebun di rumah yang mengasilkan.

Menanam bunga dan sayuran secara berselang seling. 

 Ide menarik untuk mempercantik kebun dipekarangan rumah anda.

 Ada keuntungan lain dari menanam bunga diantara sayuran loh !, Ternyata dengan adanya bunga diantara sayuran dapat menghalau hama tertentu dan menarik serangga yang membawa manfaat untuk sayuran anda.

 Sebagai contoh kerenyam atau marigold (geranium), tanaman ini cocok untuk menjaga agar beberapa jenis kumbang tidak datang. Bunga aster juga bermanfaat untuk menarik seranggga pemakan hama contohnya kepik.

 Pastikan jarak anatara bunga dan sayur tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Agar saat dan sesudah panen sayuran, kebun anda masih terlihat cantik dengan tatanan bunga didalamnya.

Tanaman penghasil uang terbesar

 Berkebun di rumah yang menghasilkan bisa anda lakukan dengan berbagai cara. Seperti contoh diatas ialah dengan menanam sayuran dengan sistem hydroponic.

 Kali ini saya akan memberikan referensi lain untuk menghasilkan uang dari berkebun. Yaitu tanaman penghasil uang terbesar.

Tanaman Penghasil uang cepat

1. Bonsai



 Bonsai adalah tanaman yang sengaja dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan untuk membuat miniatur dari tanaman aslinya. Untuk anda yang memiliki jiwa seni tinggi, bonsai bisa menjadi pilihan berkebun yang menghasilkan. 


 Dengan kreasi seni dan kesabaran yang luar biasa anda bisa menciptakan kebun bonsai di pekarangan rumah. Semakin unik sebuah bonsai tentu semakin malah harga jualnya. Berkreasi dengan bonsai merupakan berkebun di rumah yang menghasilkan bukan?.

2. Terrarium.



 Terrarium ialah media atau wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan berisi tanaman (wikipedia). Terrarium juga membutuhkan ketrampilan dan jiwa seni yang tinggi guna menciptakan sebuah taman yang indah didalam wadah kaca.

 Terrarium bisa dikatakan berkebun dirumah yang menghasilkan karena, terrarium juga bermain dengan tanaman, anda bisa menciptakan sebuah miniatur kebun dengan berbagai tanaman kecil didalamnya. Semakin unik terrarium yang anda ciptakan, semaik mahal pula harga jualnya.

3. Budidaya tanaman hias



 Budidaya tanaman hias juga termasuk berkebun di rumah yang menghasilkan. Pecinta tanaman hias semakin hari semakin banyak, mereka tidak akan pernah bosan untuk mengoleksi dan memperbanyak tanaman hias mereka.

 Dan inilah kesempatan untuk anda menghasilkan. Selain mempercantik pekarangan rumah sendiri dengan tanaman hias yang anda kelola dan rawat, anda juga bisa menjualnya.

 Demikian beberapa penjelasan tentang berkebun di rumah yang menghasilkan. Anda bisa lakukan apa saja yang penting anda nyaman, senang dan menghasilkan. Semoga bermanfaat.






  



 


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Berkebun di rumah yang menghasilkan, yakin gak mau coba?"