Cara Menanam Sayuran Hydroponic, mudah dan murah


 Cara Menanam Sayuran Hydroponic. Budidaya hidroponik waktu ini sedang jadi tren serta diminati orang. Soal ini disebabkan langkah tersebut tak memerlukan area yang luas, hingga bisa dilaksanakan dengan gampang. Meskipun sebenarnya, alat-alat yang dibutuhkan serta tempat tanam tidaklah susah.

Cara menanam sayuran hydroponic untuk pemula

 Cara menanam sayuran hydroponic menjadi menarik untuk dibahas. Karena tanaman sayur tak bisa dipungkiri menjadi peranan penting di kehidupan kita. 

 Tidak hanya mempunyai serat yang bisa memperlancar pencernaan, sayur pun mempunyai gizi yang diperlukan badan. Anda barangkali berminat untuk menanam sayur. 

 Baik itu semata-mata hoby atau betul-betul Anda berkeinginan sekali mempelajari Cara Menanam Sayuran Hydroponic yang bermutu, menanam sayur mayur dapat menjadi rutinitas yang berguna, baik sendiri maupun bersama keluarga.

 Namun tidak semuanya mempunyai tanah guna melaksanakannya. Bila Anda berkeinginan untuk menanam sayur akan tetapi tak mempunyai area, Anda bisa coba teknik hidroponik sederhana. 

 Budidaya hidroponik adalah satu diantara teknik budidaya tanaman yang memakai air, akan tetapi tak gunakan media tanah seperti pertanian konvensional.

 Point paling penting dalam hidroponik sederhana tidaklah air, tapi di pemenuhan elemen hara pada tumbuhan. Elemen hara dalam tanah bisa ditukar dengan pecahan genteng, ijuk, sabut kelapa, serbuk gergaji, serta rockwool. Hidroponik sederhana mempunyai keunggulan tak gunakan tanah serta lebih mengirit dalam pemakaian air.

 Soal ini dipicu peresapan air lebih efisien, hingga air yang dipakai dalam hidroponik tak perlu sejumlah penyiraman tanaman di tanah. Banyak orang kota yang cinta berkebun gunakan trik hidroponik sederhana, untuk mengakali keadaan dimana mereka kekurangan area untuk berkebun. 

 Bila Anda berminat untuk gunakan cara yang telah disampaikan diatas, Anda dapat mempraktekannya juga. Tanaman yang biasa dipakai dalam hidroponik sederhana ialah bayam, selada, caisim, kangkung, serta sayur kecil yang lain.

 Tempat menanam, semisalnya dapat gunakan botol sisa. Buat anda yg menyukai berkebun namun area terbatas dapat gunakan teknik hidroponik. Seluruh alat yang dibutuhkan berkebun dengan teknik hidroponik saat ini banyak dipasarkan, dapat online atau tiba langsung ke toko alat pertanian. 

Pengertian hidroponik?


 Diambil dari buku 'Menanam Hidroponik buat Pemula' kreasi Puput Alviani, hidroponik datang dari kata Yunani yakni hidro yang punya arti air serta ponos yang punya arti tenaga. Jadi untuk pengertian umumnya hidroponik ialah budidaya melalui cara menanam dengan tidak  menggunakan tanah. Akan tetapi gunakan air serta lebih mengedepankan di pemenuhan gizi tanaman.

Keuntungan Sayur Hidroponik Sederhana

 Ada beragam keuntungan yang dapat diperoleh dengan membudidayakan hidroponik. Pertama, anda bisa menanam sayurab walaupun tidak ada tanah, lalu teknik ini juga bisa bikin barang sisa dalam rumah lebih berfaedah. 

 Tidak hanya itu, tanaman atau sayur yang ditanamkan secara hidroponik memiliki nilai lebih yaitu lebih higienis dibanding dengan penanaman biasa. Paling akhir, perkembangan tanaman dapat jauh bisa semakin cepat dibanding dengan penanaman biasa.

Cara menanam sayuran hydroponic menggunakan botol bekas


 Satu diantaranya cara menanam hidroponik ialah dengan memanfaatkan botol plastik bekas. Cara menanam sayuran hydroponic tersebut dikenal juga dengan skema sumbu.

 Dalam tehnik ini anda bisa menanam sayur, seperti sawi, kangkung, serta bayam. Pertama, persiapkan botol sisa yang wajar untuk digunakan. 

Baca juga : cara menanam pakcoy hidroponik

 Lalu, potong botol jadi dua. Sesudah itu, kombinasikan ke-2 sisi botol yang telah dipotong, akan tetapi sisi atasnya mengarah ke bawah. Pasang sumbu atau dapat gunakan kain flanel di tutup yang telah dilubangi barusan. 

 Pastikan bahwa air nutrisi mengucur serta terisap ke dalam tanaman. Letakkan bibit tanaman di sisi atas botol dengan media tanam yang anda pilih, bisa rockwoll, hidroton atau yang lain seperlunya. 

 Demikianlah yang bisa kami jabarkan mengenai cara Menanam Sayuran Hydroponic, semoga artikel ini dapat berfaedah serta berguna.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Sayuran Hydroponic, mudah dan murah "