Cara Membuat Pouch Serut, Sangat Mudah dan Praktis

Pouch serut

 Cara membuat pouch serut, praktis dan mudah sekali. Walaupun anda belum pernah menjahit, dengan mengikuti tutorial dibawah ini dijamin akan sangat mudah untuk membuatnya.

Desain dasar ini sangat bagus untuk tas favorit atau tas hadiah!  Anda dapat mulai membuatnya sekarang untuk dipakai sendiri maupun untuk hadiah orang-orang di sekitar anda.

 Membuat pouch serut ini tidak membutuhkan waktu lebih dari 20 menit.  Kantong tidak memiliki lapisan, tetapi tidak ada tepi mentah yang terlihat.  Ini terlihat profesional, dengan jahitan yang kuat dan tampilan yang bersih.  Mudah dibuat dalam berbagai ukuran.

Cara membuat pouch serut, mudah dan praktis

Cara membuat pouch serut


 Tas-tas ini sangat mudah untuk dijahit, Anda bisa membuatnya sebagai tas hadiah ulang tahun ataupun souvenir.

Ukuran jadi: 8½ ”x 10 ″

Baca juga : cara membuat tote bag simpel

Bahan pouch serut

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pouch serut diantaranya sebagai berikut:

  1. Kain atas: Dua potong 10 (lebar) x 8 ″ 
  2. Kain bawah: Satu potong 10 ″ x 10 ″ 
  3. Pita lebar 3/4 ″ : 2 buah panjang 9″ (untuk selubung)
  4. Pita Lebar 1/2″ : 1 buah panjang 20″ (untuk tali serut)

Cara membuat pouch serut

Langkah dalam cara membuat pouch serut

Langkah 1:

Cara membuat pouch serut

 Pada kain bagian bawah gambarlah dua garis ¾ ”dari dua sisi seperti yang ditunjukkan (lihat garis tanda hitam).  Gambarlah di sisi kanan kain.  Tidak masalah menggunakan spidol permanen.

Baca juga : cara membuat tas wanita modern

Langkah 2:

 Langkah kedua dalam cara membuat pouch serut yaitu memasang kain atas ke kain bawah seperti yang ditunjukkan. 

Cara membuat pouch serut

 Tempatkan kain bawah dan salah satu kain atas dengan sisi yang buruk (bagian dalam kain).  Jahit pada garis yang digambar.  Backstitch di awal dan akhir jahitan.  Tekan jahitannya hingga terbuka.

Cara membuat pouch serut

Langkah 3

 Potong ½ ”dari kelonggaran jahitan pada bagian yang memiliki tanda di atasnya.  Dengan menggunakan penggaris, tarik garis ½ ”dari tepi (lihat garis tanda hitam) dan potong dengan gunting.  Jangan memotong apapun.

Cara membuat pouch serut

Langkah 4:

 Tekan tunjangan jahitan yang lebih besar di atas tunjangan jahitan kecil.

Cara membuat pouch serut

Langkah 5:

 Lipat tunjangan jahitan lebar di atas yang sempit, sejajarkan tepinya dengan garis yang digambar

 Bawa lipatan ke sisi yang berlawanan dan tekan lalu sematkan seperti yang ditunjukkan.  Tunjangan jahitan sempit sekarang benar-benar tertutup.  Jahit melalui semua lapisan, dekat dengan tepi yang terlipat.  Backstitch di awal dan akhir jahitan.

Cara membuat pouch serut

 Inilah tampilan jahitan di sisi kanan kain;  bagian atas menambahkan detail yang sangat bagus.

Cara membuat pouch serut

 Dan inilah tampilan jahitan di bagian belakang yang bersih.  Jenis jahitan ini disebut jahitan “rebah”.  Biasanya digunakan pada jeans karena halus di bagian dalam.

Baca juga : bahan tote bag yang bagus

Cara membuat pouch serut

Langkah 6:

 Ulangi semua langkah ini dan pasang kain atas lainnya ke tepi lain dari kain bawah.  Potongan potongan Anda akan terlihat seperti ini.

Cara membuat pouch serut

 Langkah 7:

 Tepuk tepi atas.  Turunkan ½ ”dari setiap tepi atas dan penekanan jari.  Turunkan ½ ”lagi untuk membuat keliman ganda.  Gunakan penjepit untuk menjaga keliman tetap di tempatnya dan jahit dekat dengan lipatan bawah.

Cara membuat pouch serut

Langkah 8:

 Cara membuat pouch serut yang kedelapan adalah Siapkan dan pasang casingnya.  Lipat tepi mentah dari pita yang lebih lebar ½ inci ke bawah dan jahit.

 Ulangi untuk potongan pita lainnya.

Cara membuat pouch serut

 Tempatkan pita sejauh 1½ inci dari tepi atas dan letakkan seperti di gambar.  Jahit dekat ke tepi atas dan bawah seperti yang ditunjukkan (lihat garis tanda hitam), biarkan tepi samping terbuka.

Cara membuat pouch serut

Ulangi dengan pita lebar lainnya.

Cara membuat pouch serut

Langkah 9:

 Untuk menyelesaikan tas, lipat potongan menjadi dua seperti yang ditunjukkan, dengan sisi yang salah menjadi satu;  jaga agar tepinya tetap sejajar.

Cara membuat pouch serut

 Jahit di sepanjang sisinya, ¼ ”menjauhi tepi (lihat tanda hitam).  Backstitch di awal dan akhir jahitan.  Potong tunjangan jahitan menjadi sekitar 1/8 ″.

 Ulangi semua langkah ini untuk tepi vertikal lainnya.

Baca juga : cara membuat tas dari celana jeans bekas tanpa dijahit

Langkah 10:

 Langah kesepuluh dalam cara membuat pouch serut yaitu Balikkan bagian yang salah dan tekan jahitannya.  Sematkan untuk menjaga lapisan di tempatnya dan jahit 3/8 ″ dari tepi.  Kelonggaran jahitan di sisi kanan sekarang ditutup ke dalam jahitan.

Cara membuat pouch serut

Jahitan ini disebut "Jahitan Perancis".  Ulangi dan jahit tepi lainnya.

Cara membuat pouch serut

Langkah 11:

 Langkah selanjutnya dalam cara membuat pouch serut yaitu Balikkan tas ke kanan dan tekan jahitannya.  Dengan menggunakan peniti, dorong pita melalui saluran yang dibuat oleh pita lebar lalu ikat masing-masing ujungnya menjadi simpul.

Cara membuat pouch serut

Yeay pouch serutmu sudah jadi.

Catatan:

 Untuk membuat pouch serut Anda dapat menggunakan jenis kain apa pun tergantung kebutuhan Anda, dari sutra atau katun quilting hingga dekorasi rumah.  Hindari kain yang meregang.  

 Karena tidak ada lapisan, jika Anda ingin tampilan yang cantik di dalam tas serut Anda (di mana sisi kain yang salah terlihat), gunakan kain tenun dengan dua sisi.

 Jika Anda ingin membuat tas hanya dengan satu kain, Anda membutuhkan potongan berukuran 10 x 23 ″. 

Demikian cara membuat pouch serut, semoga bermanfaat.


 

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pouch Serut, Sangat Mudah dan Praktis"