Cara Menanam Timun Suri, Dijamin Hasil Melimpah!

Cara Menanam Timun Suri

 Cara menanam timun suri akan menjadi informasi yang menarik. Tahukah anda apa itu timun suri? Siapa tidak mengetahui buah yang berikut ini, buah ini cukup mashyur saat masuk bulan ramadhan tiba. 

 Selain dijadikan bahan paduan minuman dan juice, nyatanya "timun suri" punya kandungan sejumlah fungsi baik untuk kesehatan. Potensial kemungkinan usaha budidaya timun suri termasuk cukup menjanjikan. cara menanam timun suri termasuk simpel dengan saat panen relatif cepat 3-3,lima bulan siap untuk dipanen.

Cara Menanam Timun Suri Untuk Persiapan Bulan Puasa

Timun Suri

Cara Menanam Timun Suri

 Sebelum membahas tentang cara menanam timun suri ada baiknya kita tahu dulu tentang timun suri. Timun suri termasuk tanaman buah yang berkerabat dekat dengan macam labu-labuan, tanaman ini cukup mashyur di Indonesia. Timun suri atau mentimun betik pada intinya lebih serupa dan lebih dekat dengan tanaman melon, semangka serta blewah dibandingakan timun.

 Sejumlah hasil analisa yang sedang dilakukan di Laboratorium Biologi Genetika UGM mengaitkan jika timun suri punyai kromoson pokok selnya 2n =24 sementara timun 2n=14. Punyai wujud daun seperti melon, sedang timun meruncing serta bijinya pun demikian lebih pendek seperti melon.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, simak agar sukses!

Manfaat Timun Suri

Selain jadi bahan paduan minuman segar dan bermacam juice yang nikmat, nyatanya timun suri punya kandungan gizi yang bagus untuk kesehataan. Punyai sejumlah vitamin A serta C dan mineral prinsipil seperti kalsium, zat besi dan fosfor.

 Bermanfaat jadi Anti-oksidan alami pencegah rusaknya sel badan, Melancarkan pencernaan, Turunkan berat tubuh, Mengontrol kandungan gula, Menghambat kanker, turunkan cholesterol dan menghambat berlangsungnya penyakit jantung.

Baca juga : Cara menanam bonggol aglonema agar tumbuh subur

Cara Menanam Timun Suri

Cara Menanam Timun Suri

 Diawali dengan pemilihan benih berkualitas, penyiapan tempat tanam, cara menanam, perawatan tanaman, pemupukan tanaman dan pemanenan timun suri, Berikut penjelasannya

1. Pemilihan benih

 Cara menanam timun suri yang pertama yaitu pemilihan benih. Perkembangbiakan tanaman timun suri bisa dilaksanakan dengan cara genertif ialah lewat benih.

 Benih timun suri bisa didapat dari kios-kios pertanian yang sudah memperoleh keyakinan oleh produsen benih atau membuat sendiri benih untuk jadi bibit siap tanam lewat cara persemaian. Cara membuat benih timun suri yaitu dengan cara ambil buah timun suri yang sungguh-sungguh tua (masak fisiologis).

 Selanjutnya belah timun suri dan ambil bijinya lalu jemur biji timun suri dibawah cahaya matahari hingga kering. Waktu pembenihan (seed treatment) sebelum ditanamkan, biji timun suri direndam pada air hangat semalam agar memudahkan proses percambahan biji.

Baca juga : 11 Penyebab kegagalan hidroponik, penting diketahui!

2. Penyiapan Tempat Tanam

  Cara menanam timun suri yang selanjutnya yaitu menyiapkan tempat tanam untuk timun suri. Persiapan tempat tanam bisa diawali dengan membersihkan lahan dari semak ilalang dan rumput liar (gulma) yang bisa mengangu proses pembudidayaan.

 Nda bisa melakukannya dengan cara manual (cangkul) atau pembajakan (traktor) disamakan dengan luas tempat budidaya. Tempat dibajak pada kedalaman 30 cm untuk mengemburkan tanah, selanjutnya dilanjut dengan pembuatan tempat tanam dengan ukuran lebar 80 cm dan ketebalan 40 cm.

 Beri pupuk dasar berbentuk pupuk kandang yang masak, sebarkan di atas tegalan serta diamkan tempat taman waktu satu minggu sebelumnya ditanam.

cara menanam timun suri

3. Penanaman Timun Suri

 Cara menanam timun suri yang ketiga ialah tahap penanaman bibit timun suri. Penanaman timun suri dilaksanakan saat masuk awal mula musim hujan pada situasi cerah pada waktu pagi hari. Diawali dengan membuat lebih dahulu lubang tanam dengan cara ditugal ke tanah pada jarak 100 cm x 100 cm antara lubang tanam.

 Selanjutnya masukan 2 buah timun suri pada tiap lubang, selanjutnya kerjakan penutupan yang dengannya menggunakan tanah dan padatkan yang dengan menggunakan kaki.

Baca juga : Cara menanam melon dengan sistem fertigasi, hasil melimpah!

4. Perawatan Tanaman

 Perawatan merupakan hal yang penting dalam cara menanam timun suri. Diawali dengan dikerjakannya aktivitas penyulaman optimal satu minggu sehabis bibit timun suri sudah tumbuh, dimaksudkan dengan tujuan untuk menyeragamkan perkembangan serta saat panen tiba.

 Seandainya tanaman timun suri mulai berbuah, beri alas biar buah tidak langsung melekat dengan tanah. Alas buah dapat menggunakan jari padi yng tuntas dipanen maupun menggunakan rumur-rumput yang ditarik dan digabungkan. Penyiangan dilaksanakan dengan lihat situasi perkembangan gulma dilokasi tanam,dengan cara mengambil dan menkoret gulma yang tumbuh di sekitar mentimun suri.

5. Pemupukan Mentimun Suri

 Cara menanam timun suri yang selanjutnya ialah tahap pemupukan. Pemupukan memiliki tujuan berikan beberapa faktor hara tambahan ke tanah untuk dipakai oleh tanaman untuk pertumbuhan.  

 Pempukan dilaksanakan di waktu tanaman berusia 1 bulan berbentuk 100 kg/ha urea, 200 kg/ha ZA, 100 kg/ha TSP serta 100 kg/ha KCl. Pupuk ditempatkan ke larikan atau lubang tanah di sekitar tanaman sepanjang 15 cm dari batang.

6. Pemanenan Timun Suri

 Tahap terakhir cara menanam timun suri adalah pemanenan. Timun suri bisa dipanen saat tanaman masuk usia 3-3.5 bulan atau 70-75 hari seusai penanaman berjalan.

 Pemanenan dilaksanakan yang dengan menggunting batang buahnya menggunakan pisau panen. Buah timun suri hasil panen mesti lewat bagian pencucian yang memiliki tujuan untuk bersihkan buah dari kotoran sekalian membuat cantik penampakan buah.

 Demikian sedikit ulasan mengenai cara menanam timun suri, semoga bermanfaat.

Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Timun Suri, Dijamin Hasil Melimpah!"