Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua Dengan Baik Dan Benar. Anti Gagal!

Cara merawat tanaman lidah mertua

 Cara merawat tanaman lidah mertua akan menjadi informasi menarik untuk dibahas. Jika Anda cenderung kehilangan tanaman kesayangan karena kelalaian untuk menyiramnya, maka tanaman lidah mertua adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Kunci kesuksesan dalam merawat tanaman lidah mertua adalah mengetahui kapan harus menyiramnya.

Cara merawat tanaman lidah mertua agar tumbuh subur dan tidak layu

  Cara merawat tanaman lidah mertua dengan mengenali karakteristik tanaman tersebut. Tanaman lidah mertua hampir tidak bisa dimusnahkan, tanaman lidah mertua tumbuh paling baik ketika Anda mengabaikannya. 

 Mereka tumbuh dalam tingkat cahaya apa pun, termasuk sudut-sudut ruangan yang mendapat cahaya sedikit.  Hanya ada satu aspek rumit untuk menumbuhkan tanaman hias klasik ini, dan itu adalah mengetahui seberapa sering anda menyiramnya.

 Jawaban singkatnya adalah menyiram hanya ketika tanahnya hampir benar-benar kering. Meski begitu, tidak ada salahnya menunggu beberapa hari lagi, terutama jika Anda cenderung menyirami tanaman dengan banyak air.

Baca juga : Tanaman yang menjanjikan masa depan, simak jika ingin sukses!

 Tanaman lidah mertua memiliki nilai keindahan yang lebih dari sekadar daun. Tumbuhan tropis ini adalah jenis tumbuhan pembersih udara dalam ruangan terbaik, menghilangkan formaldehida dan nitrogen oksida dari udara interior setiap malam.

Cara merawat tanaman lidah mertua agar tidak layu

 Tanaman lidah mertua seperti peri pembersih rumah yang Anda impikan, mereka membersihkan udara saat Anda tidur, yang menjadikannya pilihan yang sempurna untuk diletakkan di kamar tidur.

Varietas Tanaman Lidah Mertua 

Cara merawat tanaman lidah mertua

 Tanaman lidah mertua akrab dikalangan tanaman hias populer. Salah satu jenis yang paling umum adalah tanaman lidah mertua hijau bermata emas (Sansevieria trifasciata 'Laurentii'), dengan daun yang berdiri tegak dan setinggi tentara.

 Anda juga akan menemukan tanaman lidah mertua yang pendek dengan daun segitiga (Sansevieria trifasciata 'Gold Hahnii'), bersama dengan tanaman di mana daunnya hampir membentuk cangkir saat tumbuh (Sansevieria trifasciata 'Hahnii').

Baca juga : Tanaman hias outdoor yang tahan panas dan cantik

 Daun mungkin berwarna hijau solid atau yang menarik lagi yaitu perpaduan warna beraneka ragam, termasuk perak, emas, putih dan hijau. Varietas yang lebih baru termasuk tanaman Lidah mertua 'Sensasi Bantel', dengan daun hijau setinggi 36 inci yang beraneka ragam dengan garis-garis putih dan krem, dan mengkilap, dengan daun yang bersinar dalam gelap. 

 Jangan lewatkan daun bundar tanaman lidah mertua Cylindrica (Sansevieria cylindrica). Bentuk tanaman lidah mertua bayi yang muncul dari tanah seperti pensil. 

Berapa kali sehari menyiram lidah mertua?

 Cara merawat tanaman lidah mertua yang penting adalah dengan memperhatikan kadar air. Ini adalah aspek paling kritis dari menanam tanaman lidah mertua. 

 Ingatlah bahwa tanaman hias satu ini tumbuh subur walaupun dengan kelalaian pemiliknya. Beri air hanya ketika tanah hampir kering. Cara tercepat untuk membunuh tanaman lidah mertua adalah dengan merendamnya dalam air atau membiarkan media tanamnya terlalu basah.

Tips Cara Perawatan Tanaman Lidah Mertua

Cahaya

 Cara merawat tanaman lidah buaya dengan memperhatikan intensitas cahaya. Tanaman tumbuh dalam tingkat cahaya apa pun, dari rendah ke tinggi.

 Mereka tumbuh lebih cepat dalam cahaya yang lebih terang, tetapi sinar matahari langsung yang kuat membakar daun, terutama ketika tanaman berada di luar ruangan.

Baca juga : 7 sayuran mahal cepat panen, yuk simak apa saja itu!

Tanah

 Saat anda menanam tanaman lidah mertua di dalam pot tanaman , gunakan media tanam campuran dengan komposisi 50:50 tanah dan campuran sukulen/sekam/pakis cacah. 

 Komposisi ini menciptakan tanah yang gembur dan cepat kering dengan banyak kantong udara, yang seharusnya membantu mencegah air berlebih.

Pupuk

 Anda tidak perlu terlalu sering memberikan pupuk kepada tanaman yang tumbuh dengan lambat ini. Berikan dosis pupuk tanaman lidah mertua dua kali lipat setiap tahun, sekali di musim semi dan lagi di musim panas. 

 Tanaman lidah mertua adalah salah satu tanaman dengan pemeliharaan rendah.  

Suhu

 Cara merawat tanaman lidah mertua lainnya yaitu dengan mengetahui suhu lingkungan. Tanaman lidah mertua tumbuh subur di lingkungan yang panas dan kering.

 Pertimbangkan menempatkan pot di luar untuk musim panas di tempat teduh. Cukup periksa dengan pembibitan lokal untuk memastikan tanaman ini tidak menjadi liar di daerah Anda.

Penggantian pot

 Tanaman lidah mertua adalah tumbuhan lambat dan jarang perlu repotting (mereka benar-benar tumbuh lebih baik ketika terikat pot). Tanaman dalam cahaya rendah mungkin perlu direpotkan setiap 5 hingga 10 tahun.

 Untuk tanaman lidah mertua dalam cahaya yang lebih terang, perkirakan untuk transplantasi setiap 3 hingga 5 tahun.

 Demikian ulasan mengenai cara merawat tanaman lidah mertua agar tidak layu. Semoga bermanfaat.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua Dengan Baik Dan Benar. Anti Gagal!"