3 Perawatan Kulit Berjerawat Agar Penampilan Tetap Menarik

Perawatan kulit berjerawat
tips-perawatan-kulit

Perawatan kulit berjerawat, informasi menarik untuk anda yang kurang percaya diri dengan penampilan karena memiliki kulit yang berjerawat. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghindari munculnya jerawat di kulit kita. 

Kita semua tahu sekarang ini banyak sekali produk perawatan wajah yang katanya bisa membuat wajah kita glowing, bebas jerawat dan masih banyak lagi. Tetapi bagi kita yang menderita jerawat, harus sangat waspada dengan produk perawatan kulit berjerawat yang kita gunakan

Kulit berjerawat sangat sensitif terhadap pewarna, parfum, dan bahan kimia yang ada di banyak produk kecantikan. Jika Anda memiliki jerawat ringan hingga sedang, berikut tips perawatan kulit berjerawat agar penampilan tetap menarik

Perawatan kulit berjerawat agar penampilan selalu terlihat menarik

1. Menangani Masalah Kulit

Perawatan kulit berjerawat yang pertama yaitu dengan menangani masalah kulit itu sendiri. Yaitu dengan selektif memilih produk perawatan kulit berjerawat dan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan kulit

1.1 Produk kecantikan

Perawatan kulit berjerawat dengan mengenali jenis kulit yang anda miliki. Supaya bisa melilih produk kecantikan yang sesuai untuk kulit anda.

Anda mungkin pernah mendengar tentang kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi. Jika Anda berjerawat, Anda pasti sudah bisa menentukan dalam kategori jenis kulit berminyak atau kombinasi.

Tapi sebenarnya, bukan keduanya. Kulit berjerawat termasuk dalam kategori yang sangat berbeda yaitu kategori kulit bermasalah, ya Masalah kulit ...

Jika Anda rentan berjerawat, Anda harus mencari produk perawatan kulit yang dibuat untuk mengatasi jerawat. Jangan gunakan produk kecantikan yang memiliki pewarna dan pewangi, karena bahan-bahan ini dapat memperparah noda Anda. 

Baca juga : Penyebab lingkaran hitam di mata dan cara mengatasinya

1.2. Nutrisi

Nutrisi untuk perawatan kulit berjerawat

Nutrisi sangat penting dalam perawatan kulit berjerawat. Ada sejumlah vitamin dan mineral yang dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan dan kondisi kulit Anda. 

Mineral zinc, vitamin A, C, dan E, serta vitamin B kompleks seperti vitamin B6 sering digunakan untuk mendukung pengobatan jerawat, karena vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kulit Anda. 

Makan makanan yang kaya belerang juga dapat membantu. Karena belerang membantu menyembuhkan jerawat. 

Bawang putih dan bawang bombay mengandung banyak sulfur. Dokter atau pakar kulit mungkin juga merekomendasikan agar Anda menghindari makan gula, gorengan, atau makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Juga hilangkan minuman berkarbonasi berbasis gula

Baca juga : 10 manfaat kubis untuk kesehatan

2. Anjuran dan Larangan

Perawatan kulit berjerawat yang kedua yaitu, ketahui anjuran dan larangan untuk kulit anda. Kulit berjerawat membutuhkan perawatan khusus. Berikut adalah hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam merawat kulit berjerawat:

2.1 Hal yang boleh dilakukan

Gunakan sabun yang lembut untuk perawatan kulit berjerawat

Perawatan kulit berjerawat dengan membasuh kulit dengan lembut menggunakan air hangat dan pembersih wajah alami yang lembut. Mencuci kulit dua kali sehari akan membantu menghilangkan kotoran dan polutan yang dapat menyumbat pori-pori.

Pilih kosmetik bebas minyak dan produk kecantikan. Riasan biasa mengandung asam lemak yang lebih tinggi lemaknya daripada asam lemak di kulit Anda. Cari kosmetik organik yang dibuat khusus untuk kulit berjerawat.

2.2 Hal yang sebaiknya dihindari

  • Membersihkan kulit secara berlebihan. Scrubbing yang berlebihan akan memperparah jerawat, menyebabkan noda terbuka dan menyebar.
  • Jangan pernah memecahakan, memencet, atau mengikis noda jerawat Anda. Memencet jerawat atau noda lainnya dapat menyebabkan jaringan parut permanen. Dan menimbulkan bekas luka yang memungkinkan infeksi bakteri sekunder terjadi.
  • Merokok. Asap rokok merupakan racun yang bersifat merusak organ, baik di dalam maupun di luar tubuh.

  • Menggunakan penyegar kulit. Toner kulit memberikan pembersihan ekstra pada kulit, tetapi toner tersebut terbuat dari bahan yang sangat mengeringkan seperti alkohol dan aseton yang dapat merusak kulit.
  • Menjemur kulit Anda di bawah sinar matahari. Banyak orang mengira sinar matahari akan memperbaiki jerawat. Dan meskipun benar bahwa beberapa paparan sinar matahari dapat membantu mengeringkan noda jerawat di permukaan, paparan sinar matahari yang berkepanjangan dapat merusak kulit dan memperburuk jerawat dalam jangka panjang.

3. Perawatan Kulit Jerawat: The Cover Up

Tidak peduli seberapa baik Anda merawat kulit berjerawat Anda, akan ada saat-saat ketika stres, perubahan iklim, atau polusi menyebabkan Anda berjerawat dengan noda yang tidak sedap dipandang. Jika hal ini terjadi, Anda bisa memperbaiki penampilan dengan menutupi kulit yang teriritasi dengan make up. 

Namun, perhatian khusus diperlukan saat memilih produk dan teknik penutup untuk menghindari lebih banyak perhatian ke area kulit berjerawat. Inilah cara terbaik untuk menyembunyikan jerawat:

Cuci dan lembapkan wajah Anda dengan pembersih wajah yang lembut. Mulailah dengan wajah yang bersih dan segar sebelum mengaplikasikan produk kosmetik apa pun.

Carilah produk penutup alami yang memiliki pigmen tingkat tinggi. Semakin banyak pigmen yang dimiliki produk,  sedikit dari produk yang harus Anda pakai, sambil tetap mendapatkan cakupan hasil yang baik. 

Dan lakukan uji coba produk untuk memastikan produk tersebut sama persis dengan warna kulit Anda. Ambil setetes produk dan gosokkan pada kulit Anda.

Warna produk harus sesuai dengan warna kulit Anda, tetapi Anda tidak dapat melihat kulit Anda di bawahnya. Ini akan memberikan jumlah perlindungan yang tepat untuk menyembunyikan noda jerawat. Oleskan concealer di cahaya alami. Sangat penting agar concealer Anda menyatu sempurna dengan wajah Anda.

Demikian beberapa tips perawatan kulit berjerawat. Mengatur pola makan yang sehat, olahraga, cukup tidur dan istirahat sebenarnya juga bisa mencegah timbulnya jerawat di wajah.


Riska Yunianti
Riska Yunianti Seseorang yang hobi membaca dan menulis. Selain menulis di blog sendiri saya juga Kontributor di duniaelektronik.net, indonesiana.id . Semoga tulisan saya berkah dan manfaat

2 komentar untuk "3 Perawatan Kulit Berjerawat Agar Penampilan Tetap Menarik"

Posting Komentar